Bupati dan Wali Kota Alpa di Penutupan EKPPD

Arif Fadillah Sebut Perlu Komitmen Bersama untuk Kepri Lebih Baik
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 26-10-2017 | 19:51 WIB
Sekda-beri-cendramata.gif
Penutupan EKPPD, Sekda memberikan Cendramata pada Timnas EKPPD Pusat (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, TS. Arif Fadillah, mengatakan, untuk menuju kinerja yang lebih baik dibutuhkan komitmen dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), baik di Kepri maupun di kabupaten/kota.

"Kami harapkan teman-teman di daerah kabupaten/ kota serius dalam pelaksanaan LPPD di daerah," kata TS Arif Fadillah ketika menutup kegiatan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) 2017 di ruang rapat utama lantai IV Kantor Gubernur Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Kamis (26/10/2017).

Sekda Kepri ini juga mengingatkan, kalau EKPPD yang dilaksanakan merupakan bagian yang sangat penting dalam mewujudkan pemerintah daerah yang lebih baik.

Kegiatan penutupan EKPPD Pemerintah Provinsi dan kabupaten/ kota ini hanya dihadiri perwakilan Bupati dan Wali Kota di Kepri, Sementara Bupati dan Wali Kota terlihat tidak ada yang hadir.

Dalam kesempatan itu, Sekda juga meminta pada seluruh pejabat yang mewakili Bupati dan Wali Kota di Kepri, agar menyampaikan pada Bupati dan Wali Kota, agar setiap kegiatan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) dapat hadir.

"Kami mengharapkan ke depan, untuk acara seperti ini dihadiri minimal oleh Wakil Bupati atau Wakil Wali Kota, agar pembahasannya lebih serius," kata Sekda.

Arif Fadillah menambahkan, pengaruh ekonomi globalisasi yang terjadi, sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi dan tenaga kerja di Provinsi Kepri terutama di Batam.

Sebagai kota industri, 70 persen pertumbuhan ekonomi Kepri sangat bergantung pada Batam. Sehingga, akibatnya, ketika Batam sakit maka akan berdampak pada daerah lain dan Kepri secara umum.

"Oleh karena itu, mari kita dorong Gubernur untuk melakukan pemerataan pembangunan dan ekonomi di seluruh Kepri. Dan semua Bupati dan Wali Kota hendaknya dapat berlomba-lomba menarik investor sebanyak-banyaknya ke daerah," tegas Arif Fadillah.

Dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta pelaksanaan pembangunan, tambah Arif, Kepri dan kabupaten/ kota adalah ibarat dua mata uang yang tidak bisa dipisahkan dan saling mempengaruhi.

"Dalam bekerja, setiap OPD juga hendaknya memiliki target capaian, sehingga laporan pelaksanaan kegiatan pembangunan atas anggaran APBD tidak hanya bagus di atas kertas, tetapi dibarengi dengan bukti dan aplikasi yang nyata," tegasnya.

Perlu diingat, sambung Arif, bahwa tantangan kita semakin ketat. Karena seluruh Pemprov dan pemerintah kabupaten/kota di Indonesia selalu ingin menjadi yang terbaik. Maka, jika kinerja setiap daerah di Kepri mengendur, sudah pasti akan tertinggal.

Dalam kesempatan itu, Sekda juga menandatangani berita acara hasil EKPPD 2017 dan penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) terhadap LPPD Provinsi Kepri dan Kabupaten/Kota se-Kepri yang dilaksanakan Timnas EKPPD Pusat.

Editor: Udin