Hasil EKPPD Kepri 2017 Kemendagri

Validasi LPPD dan Merosotnya Pertumbuhan Ekonomi Jadi Sorotan Timnas EKPPD
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 26-10-2017 | 19:38 WIB
penandatanganan1.gif
Ketua Tim EKPPD dan Arif Fadillah saat menandatangani Berita Acara EKPPD Kepri (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Minim dan merosotnya pertumbuhan ekonomi Kepri dalam dua tahun terakhir, menjadi sorotan dan keprihatinan Tim Nasional Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Daerah (EKPPD) Kementerian Dalam Negeri.

Direktur Timnas Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Pemerintahan Daerah, Ir.Gunawan MA, mengatakan Timnas EKPPD yang terdiri dari 10 orang telah melakukan validasi dan evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) Kepri.

"Dalam 5 hari pelaksanaan evaluasi, Timnas EKPPD yang berkoordinasi dengan Timda, masih ditemukan rendahnya akurasi dan kualitas LPPD Kepri," ujar Gunawan dalam acara penutup kegiatan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) 2017 di ruang rapat utama lantai IV Kantor Gubernur Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Kamis (26/10/2017).

Oleh karena itu, tambah dia, Pemerintah Provinsi Kepri agar terus meningkatkan keakurasian dan kualitas data Laporan Pelaksanaan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kepri setiap tahunnya.

"Akurasi dan kevalitan laporan harus ditingkatkan dan diperhatikan lagi," kata Gunawan.



Dalam kesempatan itu, Gunawan juga menyampaikan keprihatinannya terhadap pertumbuhan ekonomi Kepri yang menurun drastis. Sementara 2 tahun sebelumnya atau pada 2014 ekonomi Kepri sempat berada di posisi 4 Nasional.

"Semoga ke depan ekonomi Kepri bisa kembali bangkit dan berbicaara lagi di tingkat nasional," katanya.

Sementara itu, Karo Pemerintahan dan Perbatasan, Haryono SSos, dalam laporannya mengatakan bahwa EKPPD berlangsung sejak tanggal 23 Oktober dan berakhir di 26 Oktober 2017 dengan melibatkan seluruh Pemerintah Provinsi Kepri dan kabupaten/ kota se-Kepri.

Editor: Udin