Rakor Gubernur dengan Bupati dan Wali Kota

Pemprov dan Kabupaten/Kota Sinkronisasi Pengalokasian Anggaran dan Program Pembangunan di Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 21-10-2017 | 09:14 WIB
Rakor-di-pemprov.gif
Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, saat memimpin rakor dengan Bupati dan Wali Kota di Kepri (Foto: ist)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Lakukan sinergitas dan sinkonisasi ?pengalokasiaan anggaran dan evaluasi program pembangunan di Kepri, Gubernur Provinsi Kepri melakukan Rapat Koordinasi dengan Bupati dan Wali Kota di Kepri.

Rapat koordinasi dan evaluasi pelaksanaan program pembangunan ?dengan Bupati dan Wali Kota ini dilaksanakan Biro Pembangunan Provinsi Kepri, dan langsung dipimpin Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun, di Gedung daerah kota Tanjungpinang, Jumat (20/10/2017).

Dalam Rakor tersebut, Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun mengigatkan, Bupati dan Wali Kota, agar melakukan sinkronisasi perencanaan anggaran dan perencanaan pembangunan di Kepri.

"Sinergi dan sinkronisasi itu menurut dalam pelaksanaan pembangunan, merupakan kata kunci agar pembangunan semakin efisien dan semakin efektif," kata Nurdin.

Pemerintah tambah dia, tidak boleh mengulang-ulang lagi kebiasaan-kebiasaan lama dalam pelaksanaan perencanaan dan penganggaran program secara asal-asalan.

"Tidak nyambung, tidak sinkron, antara yang direncanakan dengan yang dianggarkan. Sehingga tujuannya meleset dari sasaran yang ingin kita capai," kata Gubernur Nurdin.

Kepada semua Bupati dan Wali Kota, Nurdin juga meminta, sumbang saran ?dan masukan, untuk menghasilkan rumusan kebijakan dan solusi permasalahan yang dihadapai dalam mempercepat pembangunan di Kepri.



Sebelum pelaksanaan Rakok, Gubernur Provinsi Kepri ini juga menerima piagam keberhasilan Pemerintah Provinsi Kepri dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2016, dengan capaian Standar Tertinggi yakni Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Pemberiaan piagam diserahkan oleh kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu.

Selain Kepri, sejumlah kabupaten/kota seperti Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Karimun, Kabupaten Bintan juga memperoleh Piagam WTP yang diserahkan langsung oleh Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kepri, Heru P. Nugroho.

Nurdin menyampaikan, bahwa prestasi ini menunjukkan komitmen Pemprov Kepri dalam mempertanggungjawabkan laporan pengelolaan keuangan yang akuntabel.

"Pemprov Kepri telah tujuh kali berturut-turut menerima penghargaan, dan ini juga upaya dari pemerintahan sebelumnya.

"Saya sangat mengapresiasi apa yang telah diraih, dan penghargaan bukan suatu yang utama, tetapi bagaimana kita dapat mempertanggungjawabkan laporan keuangan secara transparan dan akuntabel,"ujar Nurdin.

Nurdin menekankan, penerimaan piagam WTP itu, juga hendaknya menjadi bentuk komitmen terhadap masyarakat untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan baik.

"Predikat ini harus kita pertahankan di tahun tahun berikutnya, dan semoga semua kabupaten /kota di Kepri bisa mendapatkan WTP," tegas Nurdin.

Editor: Udin