Akhirnya, 216 Jemaah Haji Asal Tanjungpinang Pulang Kampung
Oleh : Habibie Khasim
Kamis | 05-10-2017 | 20:02 WIB
sambut-haji.gif
Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul dan Wali Kota, Lis Darmansyah saat menyambut jamaah haji Tanjungpinang (Sumber foto: tribunnews.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Setelah menunggu sebulan lamanya di tanah suci Makkah, 216 Jamaah Haji asal Kota Tanjungpinang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) terakhir pulang kampung. Para jemaah haji ini dijemput oleh Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, di Batam dan disambut di Tanjungpinang oleh Wali Kota, Lis Darmansyah, Kamis (5/10/2017).

Sebenarnya, para jamaah haji kloter terakhir tersebut tiba di embarkasi Batam pada Rabu (4/10/2017), pukul 06.40 WIB. Kedatangan Jamaah haji di Bandara Internasional Hang Nadim Kota Batam disambut oleh Syahrul beserta istri. Sebelum melanjutkan perjalanan pulang ke Kota Tanjungpinang, jamaah haji diinapkan dulu di Asrama Haji Kota Batam.

Setibanya, di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang, rombongan jamaah haji disambut langsung oleh Lis Darmansyah, didampingi staf ahli dan sejumlah pejabat.

"Alhamdulillah, semua jamaah haji kita kembali dalam keadaan sehat. Meski sebelumnya, dilaporkan ada beberapa jamaah kita yang sakit, karena faktor usia, namun dengan semangat menjalankan ibadah di tanah suci Mekkah, mereka dalam kondisi sehat wal 'afiat. Kita berharap setelah pulang dari beribadah di rumah Allah, para Haji dan Hajjah yang sakit akan semakin sehat dan bugar," tutut Lis saat diwawancarai.

Lis mengatakan, setelah ini, semua kinerja panitia yang mengurus para jamaah akan dievaluasi, agar ke depan lebih baik lagi. Pemko Tanjungpinang katanya lagi, akan membuat kegiatan penyambutan para jemaah haji. Kegiatan seremonial tersebut dilakukan untuk menampung keluh kesah para jemaah selama melaksanakan ibadah di tanah suci Makkah.

"Insya Allah tanggal 9 Oktober nanti, kita akan mengadakan acara penyambutan jamaah haji. Di sinilah, jamaah haji bisa menyampaikan hal-hal terkait pelayanan yang kami berikan, sehingga segala kekurangan yang ada selama pelaksanaan haji dapat kita perbaiki," kata Lis.

Di tempat yang berbeda, Syahrul mengucapkan selamat kepada para jamaah. Pria yang telah merasakan bertamu ke rumah Allah tersebut pun mendoakan para jemaah, semoga menjadi haji dan hajjah yang mabrur.

"Alhamdulillah, jamaah kita kembali dalam keadaan sehat. Saya berharap, ke depan haji dan hajjah bisa bersinergi dengan pemerintah dalam membangun Kota Tanjungpinang lebih baik," ucap Syahrul di Asrama Haji Kota Batam, Rabu (4/10/2017).

Suasana haru terlihat saat jamaah haji kembali ke Tanjungpinang. Sebagian jamaah haji tampak meneteskan air mata bahagia ketika bertemu kembali dengan keluarga dan sanak saudaranya.

Editor: Udin