Ekonomi Lesu, Jumlah Hewan Kurban di Tanjungpinang Tak Capai Target
Oleh : Habibi Kasim
Minggu | 03-09-2017 | 18:30 WIB
Kepala_Kemenag_Tanjungpinang,_Muhammad_nasir2.gif
Muhammad Nasir, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang (Foto: Dok BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY COM, Tanjungpinang - Jumlah hewan kurban di Kota Tanjungpinang pada perayaan Hari Idul Adha 1938 H jauh memenuhi target yang ditetapkan Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang sebanyak 3.000 ekor.

Jumlah hewan kurban yang terkumpul pada Idul Adha 1438 H tahun ini hanya berjumlah 970 ekor saja.

"Kita memang menargetkan 3000 ekor, tapi tidak kesampaian. Bahkan, seribu ekor saja tidak sampai. Saya mendapatkan informasi bahwa ini dikarenakan perekonomian masyarakat di Tanjungpinang yang lemah, sehingga yang dulunya mampu menjadi tidak mampu membeli hewan kurban," kata Muhammad Nasir, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungpinang saat dihubungi, Minggu (3/9/2017).

Seperti diketahui. Kepala Kantor Kementerian Agama kota Tanjungpinang, Muhammad Nasir belum lama ini mengatakan bahwa pihaknya menargetkan ada sekitar 3000 ekor hewan yang dikurbankan dalam perayaan Idul Adha 1438 H yang diperingati pada Jumat (1/9/2017).

Namun, target tersebut tidak tercapai, bahkan sangat jauh dari harapan. Terkait hal itu, Nasir mengatakan bahwa penyebab turunnya jumlah kurban tahun ini dikarenakan perekonomian Tanjungpinang yang sangat lemah atau lesu.

Nasir mengatakan, jumlah hewan kurban yang terealisasi tahun ini hanyalah 970 ekor. Dan target yang sempat tinggi, akhirnya diperkecil menjadi 1.000 ekor hingga hari tasyrik terakhir yang jatuh pada Senin (4/9/2017).

"Jadi dengan keadaan perekonomian sekarang ini, kita targetkan sampai hari tasyrik terakhir dapatlah seribu ekor. Dan kita yakin akan dapat, karena sampai hari ini masih ada masyarakat yang menyumbang hewan untuk dikurbankan," kata Nasir.

Sementara itu, Pemerintah Kota Tanjungpinang sendiri dapat menyumbang sekitar 60 ekor lebih sapi. Ini merupakan hasil sumbangan dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemko Tanjungpinang.

Editor: Surya