Idul Adha, Pemprov Kepri Kurbankan 147 Sapi Senilai Rp 2,8 M
Oleh : Ismail
Rabu | 30-08-2017 | 16:02 WIB
kurban-batam.jpg
Pemotongan hewan kurban di Masjid Raya Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebanyak 147 ekor sapi disebar ke tujuh Kabupaten/Kota di Kepri untuk dikurbankan. Sapi-sapi tersebut merupakan hasil pengadaan APBD Kepri 2017 dengan total anggaran sekitar Rp 2,8 miliar.

Kepala Sub Agama Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemprov Kepri, Basir menyebutkan, kegiatan Kurban ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan Pemprov Kepri pada perayaan Idul Adha. Untuk pendistribusiannya diserahkan kepada pihak ketiga atau perusahaan pemenang lelang yang diadakan LPSE Kepri.

"Biasanya, kegiatan yang sama pada tahun sebelumnya dilakukan tidak melalui APBD. Melainkan, urunan dari masing-masing OPD saja," katanya dihubungi BATAMTODAY.COM, Rabu (30/8/2017).

Ia menjelaskan, alasan dibutuhkannya pihak ketiga dalam pendistribusian sapi Kurban tersebut untuk menjangkau daerah-daerah terpencil di wilayah Kepri. "Karena kan dibutuhkan pihak profesional dalam pendistribusiannya. Makanya harus dilelang," terangnya.

Saat ini pendistribusian sapi Kurban Pemprov Kepri tersebut sudah sampai di masing-masing daerah. Dikatakan Basir, latar belakang diadakannya sapi Kurban pada perayaan Idul Adha tahun ini merupakan hasil permintaan dari masyarakat. Kemudian, disetujui oleh Gubernur dan DPRD untuk diadakan melalui APBD 2017.

"Sebenarnya ini masukan dari masyarakat. Jauh-jauh hari banyak masyarakat yang meminta itu," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadhillah mengungkapkan, kegiatan Kurban yang sudah dianggarkan tersebut tetap akan dilaksanakan. Karena, sudah melalui proses lelang dan masuk dalam Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) APBD 2017. "Kita doakan mudah-mudahan lancar," singkat Sekda.

Kota Tanjungpinang mendapatkan 31 ekor sapi, Natuna 4 ekor, Lingga 4 ekor, Batam 49 ekor, Anambas 3 ekor, Bintan 4 ekor dan Karimun 52 ekor.

Editor: Yudha