BNN Kepri Lakukan Tes Urine Ratusan Pejabat Pemprov
Oleh : Ismail
Senin | 28-08-2017 | 15:38 WIB
Pemprov-test-urine1.gif
Pejabat Pemprov Kepri menjalani tes urine, Senin (28/8/2017). (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Suasana apel pagi di Kantor Gubernur, Senin (28/8/2017) mendadak hening. Pasalnya, ratusan Pejabat Eselon II dan III diminta melakukan tes urine oleh Gubernur. Para petugas Badan Nasional Narkotika (BNN) Provinsi Kepri pun langsung melaksanakan hajat tersebut.

Tampak raut wajah gelisah beberapa pejabat yang dites urinenye. Bahkan, ada beberapa yang mondar mandir menunggu giliran.

Pemeriksaan urine tersebut dilakukan di dua tempat terpisah. Untuk pejabat esselon III dilakukan di Aula Pemprov Kepri, sedangkan untuk esselon II dilakukan di lantai 4 Kantor Gubernur Provinsi Kepri.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah usai menjalani tes urine menyampaikan, tes urine ini merupakan agenda rutin yang digagas oleh Pemprov dan BNN Kepri. Pemeriksaan ini dikhusukan bagi Pejabat Eselon II dan III. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan ASN.

"Beliau (Gubernur, red) langsung menginstruksikan pejabat esselon II dan III untuk melakukan tes urine," ujarnya.

"Hasilnya ini nanti akan diserahkan ke Gubernur, kalau memang nanti ada indikasi akan kita tindak sesuai aturan," tambahnya lagi.

Mantan Sekda Kabupaten Karimun ini juga menambahkan, jika hasil dari pemeriksaan ini ditemukan pejabat yang positif menggunakan narkoba. Maka akan ditindak sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kepri Firdaus menyampaikan, tes urine ini diperuntukkan bagi 44 orang pejabat esselon II dan 179 orang untuk pejabat esselon III.

"Tapi ada juga beberapa yang tidak ikut karena alasan dinas luar. Untuk jumlah pastinya belum kita cek," tukas Firdaus.

Editor: Yudha