BNN Kepri Sosialisasi P4GN di Mako Lantamal IV Tanjungpinang
Oleh : Hadli
Selasa | 22-08-2017 | 13:50 WIB
Sosialisai-P4GN1.gif
Sosialisasi P4GN di Mako Lantamal IV Tanjungpinang. (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - BNN Kepri menggelar sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran narkoba (P4GN) di Markas Komando Lantamal IV Tanjungpinang, Senin (21/8/2017).

Kepala BNNP Kepri, Brigjen Pol Nixon Manurung memaparkan, situaai Indonesia masih darurat narkoba. Hal itu dikarenakan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba terjadi secara merata di seluruh wilayah NKRI.

"Bahaya penyalahgunaan dapat merusak generasi muda, generasi penerus bangsa. Indonesia sasaran utama pemasaran dan peredaran gelap narkoba sindikat internasional dan nasional," ujar Nixon.

Ia menambahkan, dengan maraknya peredaran narkoba yang masuk ke Indonesia sangat mengganggu perekonomian atau keuangan negara, dan kejahatan narkoba merupqkan kejahatan luar biasa (extra ordinary crime).

"Untuk itu diperlukannya sinergitas antar lembaga, badan, instansi baik pemerintah maupun swasta dalam upaya P4GN," kata dia.

Sinergitas yang dapat dilakukan diantaranya dengan demand reduction (memutus rantai kebutuhan), supply reduction (memutus rantai produksi/suplai) serta sinergitas Lantamal IV dalam upaya P4GN sesuai tugas dan fungsi masing-masing kesatuan di lingkungan Lantamal IV Tanjungpinang.

Kegiatan ini dihadiri oleh Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksmana Pertama TNI Ribut Eko Suyanto, Kadishukum TNI AL Kolonel Laut Khusus Leonardo Marpaung, dan para perwira, bintara, tamtama serta ASN di lingkungan Lantamal IV Tanjungpinang.

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksmana Pertama TNI Ribut Eko Suyanto dan Kadishukum TNI AL Kolonel Laut Khusus Leonardo Marpaung menyampikan bahwa kegiatan sosialisasi P4GN dalam rangka menyampaikan informasi terkait masalah narkoba dan kegiatan ini menjadi sangat penting untuk menambah pengetahuan dan wawasan bagi personil Lantamal IV Tanjungpinang.

"Narkoba menjadi masalah besar baik secara hukum nasional maupun internasional, bahkan presiden RI sudah menyatakan narkoba adalah musuh negara karena dapat merusak kehidupan generasi-generasi penerus bangsa baik secara fisik maupun secara kejiwaan," paparnya.

Usai sosialisasi, Kadishukum TNI AL memberikan cindera mata kepada Kepala BNN Kepri.

Editor: Yudha