Gubernur akan Uji Coba Kelayakan Kapal Lintas Kepri
Oleh : Ismail
Rabu | 14-06-2017 | 20:02 WIB
Gubernur-Kepri,-Nurdin-Basirun.gif
Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Nurdin Basirun (Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepulauan Riau dijadwalkan melakukan uji coba kelayakan kapal MV Lintas Kepri pada Kamis (15/6/2017) esok hari. Uji coba kapal yang diadakaan melalui APBD 2015 lalu ini, akan menempuh perjalanan dari Tanjungpinang menuju Kabupaten Lingga.

Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan (Dishub) Kepri, Aziz Kasim Djoe mengungkapkan, Kapal MV Lintas Kepri sudah diserah-terimakan oleh provinsi melalui Dinas Perhubungan (Dishub) kepada Badan Usaha Pelabuhan (BUP) Provinsi Kepri, PT Pelabuhan Kepri. Oleh karena itu, Gubernur berencanaan akan melakukan uji coba dari Tanjungpinang ke Lingga

"Dua hari ini Gubernur sudah perintahkan, kapal itu untuk disiapkan. Hari ini kita deadline sudah selesai semua. Informasi resmi besok Kamis, Pak Gubernur pakai ke Lingga sekalian uji coba," jelasnya, kemarin.

Dalam uji coba nanti, lanjut Aziz, Gubernur yang juga mantan pelaut tersebut akan langsung menjadi kapten menuju Kabupaten Lingga. Ditegaskannya, kapal MV Lintas Kepri juga dalam kondisi sangat baik dan siap untuk belayar.

"Tidak rusak, hanya saja mesinnya itu perlu difamiliarisasi, mesinnya dipanas-panaskan, tidak ada onderdil yang diganti," jelasnya

Sementara itu, Dirut PT Pelabuhan Kepri, Huzrin Hood, menuturkan bahwa pihaknya menunggu perintah Gubernur Kepri, untuk melakukan angkutan jelang mudik lebaran tahun ini.

"Hari ini kapal itu dibawa ke Tanjungpinang dari Batam, sore sudah sampai di Pinang, karena besok pagi-pagi Pak Gubernur yang langsung pimpin uji coba ke Daik Lingga," terangnya.

Uji coba MV Lintas Kepri, sambungnya, dilakukan selama dua kali. Dirinya optimis, Gubernur Kepri akan memerintahkan kapal berkapasitas 158 orang itu untuk dilayarkan pada saat masyarakat mudik lebaran.

"Tidak ada masalah lagi, kapten kapal dan lain sebagainya sudah komplit. Kita belum kejar profit, sementara ini kita murni bantu masyarakat dulu," jelasnya.

Editor: Udin