Pelni Tanjungpinang Jamin Armada Angkutan Laut saat Mudik Mencukupi
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 14-06-2017 | 19:02 WIB
Loket-penjualan-tiket-di-tanjungpinang.gif
Kantor PT Pelni dan Pembeliaan Tiket secara manual di Loket penjualan tiket Kantor PT Pelni.(Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang -? Perusahaan Pelayaran Negara (PT Pelni), menjamin ketersediaan armada angkutan kapal untuk mudik lebaran antar provinsi dari Kijang Provinsi Kepri tujuan Jawa dan Indonesia Timur, serta sejumlah pulau di Kepri tahun ini mencukupi.

Kepala Operasional Angkutan PT Pelni Cabang Tanjungpinang, Ismet, mengatakan bahwa dengan 3 kapal penumpang besar milik Pelni serta 4 angkutan kapal perintis yang melayanai rute sejumlah pulau di Kepri, ditambah rute Kalimantan dan Blinyu, ?dipastikan akan dapat mengangkut ribuan penumpang masyarakat Kepri, yang akan mudik lebaran dari Kepri ke sejumlah daerah di Pulau Jawa dan Indonesia Timur.

"Tiga kapal Pelni yang melayanai rute pemudik dari Kepri ke wilayah Jawa dan Indonesia Timur adalah KM Bukit Raya, KM Umsini dan KM Dorolando dengan rute Tanjung Priok, Surabaya, Makasar, Maumere, Kupang dan Blinyu," sebutnya.

Sedangkan 3 kapal perintis yang? yang juga dioperasikan Pelni, KM Sabuk Nusanatara 30, 39 dan 62 ditambah 1 kapal perintis Sabuk Nusanatara yang dioperasikan swasta, juga akan melayani pemudik antar pulau dari Tanjungpinang dan Kijang-Kepri, menuju Pulau Kuala Maras, Tarempa, Midai Sedanau, Pulau Laut, Ranai, Subi, Serasan, Sintete dan Tambelan.

"Bahkan KM Sabuk Nusantara 62, juga melayanai rute Senanyang, Jago, Dabok, Pulau Berhala, Jagoh, Pulau Pekajang, Nlinyu, yang sudah beroperasi sejak tahun lalu," ujar Ismet.

Mengenai lonjakan penumpang, Pelni juga memprediksi, akan mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu. Dari data Pelni, tambah Ismeth, jumlah pemudik yang menggunakan kapal Pelni dari Kijang ke sejumlah pulau dan provinsi saat ini masih normal dan belum ada lonjakan.

Bahkan, jumlah penumpang yang naik kapal Pelni dari Kijang tujuan Jawa dan Indonesia Timur, yang menggukan KM Bukit Raya, Selasa (13/6/2017) hanya berjumlah 1.500 penumpang lebih.

"Jumlah ini masih di bawah kapasitas penumpang yang ditetapkan pemerintah dalam satu Kapal, yaitu 1.643 orang," sebutnya.

?Hal ini tambah dia, sangat jauh berbeda dengan kondisi mudik lebaran tahun lalu. Akibat keterbatasan armada, banyak penumpang yang tidak dapat tiket.

Untuk pembelian tiket kapal tujuan Jawa dan Indonesia Timur, PT Pelni juga menyediakan layanan pembeliaan tiket secara online di www.pelni.co.id atau pebeliaan tiket di kantor cabang PT Pelni Tanjungpinang.

"Jadi untuk pembeliaan tiket, sudah tidak dibernakan lagi dengan identitas berbeda, apalagi melalui percaloan," tegasnya.

Editor: Udin