Pemilihan Cawagub Kepri di DPRD Melalui Voting Tertutup
Oleh : Ismail
Kamis | 01-06-2017 | 19:26 WIB
surya-makmur-Nasution-728x349.gif
Ketua Panitia Khusus (Pansus) pemilihan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kepri, Surya Makmur Nasution(Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua Panitia Khusus (Pansus) Tata Tertib (Tatib) Wakil Gubernur (Cawagub) Kepri, Surya Makmur Nasution, menjelaskan, pemilihan wagub lewat DPRD akan dilakukan melalui voting tertutup oleh masing-masing anggota dewan yang memiliki hak suara.

Artinya, pemilihan sama halnya waktu pesta demokrasi yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Pemilihan voting tertutup oleh masing-masing anggota yang memiliki hak pilih," ujar Surya Makmur, Rabu (31/5/2017).

Lebih lanjut politisi Demokrat Provinsi Kepri itu menjelaskan, perkembangan tahapan kesiapan Pansus Tatib saat ini tengah menyiapkan rangkaian pengajuan pencalonan, persyaratan calon, hak anggota DPRD, kemudian bagaimana pembentukan panitia pemilihan (Panlih).

Terkait masalah komunikasi maupun intraksi calon yang akan diusulkan untuk dilakukan pemilihan di DPRD, pihaknya sudah memberi tenggat waktu untuk perbaikan data. Dan jika tidak memperbaiki, maka akan menjadi catatan Pansus.

"Soal itu nanti kita atur, namun jika masih ada calon yang tidak melengkapi berkas persyaratan, maka akan menjadi catatan penting Pansus. Bahkan, kalau ada calon yang sudah kita beri waktu untuk perbaikan tapi tidak juga dilakukan perbaikan, lalu bagaimana, apakah cukup dengan menyampaikan ke partai politik kembali, atau seperti apa jalan keluarnya," beber Surya.

Menurutnya, kalau seandainya hal itu terjadi, tim Pansus juga menawarkan pilihan lainnya, misalnya memilih calon tunggal. "Soal siapa yang diusung sebagai calon tunggal ini juga sudah kita bicarakan bersama," timpalnya.

Editor: Udin