Empat Pelajar Tanjungpinang dan Bintan Jadi Duta Bahana 2017
Oleh : Ismail
Selasa | 30-05-2017 | 13:50 WIB
kadisbud-kepri1.gif
Kadisbud Provinsi Kepri, Yatim Mustafa. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Empat pelajar SMA asal Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan akan mewakili Kepri sebagai Duta Bahana 2017 ke tingkat Nasional yang akan dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI di Jakarta.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Kepri, Yatim Mustafa, proses pemilihan duta tersebut merupakan permintaan Pemerintah Pusat agar mengirimkan perwakilannya pada ajang tersebut.

"Kemenbud minta kita (Kepri, red) untuk menyiapkan empat pelajar SMA mengikuti ajang Gita Bahana 2017 yang akan digelar di Jakarta," kata Yatim di komplek kantor DPRD Kepri di Dompak, Tanjungpinang, Selasa (30/5/2017).

Proses seleksi duta tersebut dilakukan langsung oleh tim dari Kemenbud. Sama dengan Kepri, ke 33 Provinsi di Indonesia juga bakal mengirimkan utusan dutanya masing-masing dalam ajang tersebut.

"Tahun ini kita berikan kesempatan kepada pelajar Kota Tanjungpinang dan Kabuapten Bintan. Dalam penyeleksian ini masing-masing sekolah mengirim 10 orang pesertanya. Nantinya yang menentukan dan menilai langsung dari tim Kemnebud RI dan telah dilakukan sejak bulan lalu," terangnya.

Yatim menambahkan, perwakilan Kepri akan berkumpul dengan anak-anak dari seluruh provinsi di Indonesia. Selanjutnya dikarantina dan dilatih paduan suara. Sehingga pelajar yang dikirim wajib menghafal lagu-lagu daerah dan nasional.

"Hingga saat ini tim dari Kemenbud belum memilih keempat pelajar ini yang akan mewakili Kepri. Untuk seleksinya sudah dilakukan hanya tinggal menunggu pengumuman siapa saja keempat pelajar kepri ini yang lolos dan mengikuti tahap selanjutnya di Jakarta," jelas Yatim.

Editor: Yudha