GM Pelindo I Tanjungpinang Pastikan Pass Pelabuhan Naik 1 Juni
Oleh : Habibi Khasim
Selasa | 30-05-2017 | 11:04 WIB
pelindo-01.gif
I Wayan Wirawan (baju putih) sosialisasikan masalah kenaikan pass pelabuhan, saat RDP bersama Komisi II DPRD Tanjungpinang beberapa bulan yang lalu. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I Tanjungpinang, I Wayan Wirawan memastikan bahwa pass pelabuhan akan naik per 1 Juni 2018.

Penantian PT Pelindo I Tanjungpinang akhirnya telah sampai pada waktunya, sesuai kesepakatan bersama dengan Komisi II DPRD Tanjungpinang serta persetujuan Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, bahwa pada bulan Juni Pelindo I Tanjungpinang diperbolehkan menaikkan harga pass pelabuhan.

"Insyaallah, pass pelabuhan jadi naik per 1 Juni 2017, sesuai kesepakatan kita saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan DPRD serta sudah juga menghadap Wali Kota Tanjungpinang. Maka, per 1 Juni 2017 nanti pass pelabuhan akan naik," tutur Wayan saat dihubungi, Selasa (30/5/2017).

Wayan mengatakan, progres pelabuhan sendiri saat ini telah baik. Pengerjaan pelabuhan domestik juga telah ada peningkatan yang signifikan. Untuk persiapan lebaran sudah dapat digunakan, khususnya untuk pelabuhan domestik.

"Kita pikir untuk domestik progresnya sangat baik. Untuk menampung lonjakan penumpang saat lebaran ini sudah bisa digunakan. Kalau pelabuhan internasional kan temporari building, jadi tidak ada masalah," kata Wayan.

Mengenai harga, sesuai dengan kesepakatan terakhir, pass pelabuhan yang naik hanya pada internasional saja, sementara untuk domestik masih sama Rp5 ribu.

"Kalau untuk internasional seperti yang kita sepakati juga kemarin, bagi warga negara Indonesia (WNI) itu Rp35 ribu. Sedangkan untuk warga negara asing (WNA) perpass harganya Rp55 ribu," terang Wayan.

Tentang kenaikan ini juga telah dilakukan sosialisasi jauh-jauh hari. Tepatnya, sesuai dengan perjanjian juga, yaitu tiga bulan sebelum pass pelabuhan diterapkan.

"Sosialisasi sudah sejak lama, kita yakin masyarakat sudah tahu, WNA dan WNI yang sering berangkat juga saya kira sudah tahu masalah kenaikan ini," kata Wayan.

Editor: Gokli