Kemenang Tanjungpinang Kerahkan 273 Mubaligh Isi Ceramah Ramadhan
Oleh : Habibi
Senin | 29-05-2017 | 15:38 WIB
kemenag-tanjungpinang.gif
Kepala Kantor Kemenag Tanjungpinang Muhammad Nasir. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tanjungpinang, Muhammad Nasir mengatakan, untuk bulan Ramadhan tahun 1438 Hijriah mereka telah mengerahkan sekitar 273 penceramah.

Para penceramah ini akan disebar di seluruh surau dan masjid yang ada di Tanjungpinang untuk mengisi tausiah sebelum dimulainya shalat tarawih.

"Jadi setiap penceramah telah ada jadwalnya setiap hari. Di masjid atau di surau mana dia bertugas, dia wajib menghadiri. Kecuali jika berhalangan karena suatu hal yang penting, maka akan diganti dengan petugas lainnya atau dari petugas internal masjid atau surau," kata Nasir saat dihubungi, Senin (29/5/2017).

Nasir mengatakan, jumlah surau dan masjid di Tanjungpinang sebenarnya 241. Akan tetapi, memang jumlah mubaligh diperbanyak, agar ada cadangan jika suatu waktu penceramah berhalangan hadir.

Kemudian, Nasir menegaskan bahwa pihaknya telah menetapkan tema Ramadhan tahun ini, yaitu "Tanjungpinang beribadah". Untuk itu, isi ceramah yang disampaikan mubaligh haruslah fokus kepada hal tersebut.

"Isi ceramah kita minta jangan keluar dari tema itu. Apalagi membahas masalah yang krusial dan memecah belah, ini sangat dilarang. Makanya kita meminta laporan kepada pihak surau dan masjid tentang kehadiran dan isi ceramah yang disampaikan," tutur Nasir.

Editor: Yudha