Tahapan Open Bidding Hampir Final

Lis Segera Pilih Calon Pejabat Pemko Tanjungpinang
Oleh : Habibi
Jum\'at | 26-05-2017 | 13:02 WIB
lis-darmansyah11.gif
Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang yang juga sebagai Ketua Panitia seleksi (Pansel) Open Bidding calon pejabat pimpinan tinggi pratama kota Tanjungpinang, Riono mengatakan, bahwa tidak lama lagi pihaknya akan mengumumkan nama-nama yang lolos seleksi.

Prosesnya hampir masuk dalam tahapan final. Saat ini pansel tengah membuat laporan secara individu hasil asesment yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

"Saya dapat laporan kemarin, tinggal menyelesaikan laporan hasil asesment-nya saja, karena hasil asesment itu harus dibuat per individu, dan masalah itu saya kurang paham, teknis sekali, karena saya tak ikut campur," tutur Riono saat dihubungi, Jumat (26/5/2017).

Dikatakan Riono, 33 orang calon pejabat pimpinan pejabat tinggi pratama yang berasal dari dalam maupun luar Pemerintahan Kota Tanjungpinang sudah mengikuti semua tahapan yang ditentukan pansel. Hanya saja, pansel harus mengusulkan kembali tiga nama calon pejabat eselon II B kepada Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah.

"Nanti setelah proses pemasukan data hasil asesmen siap, saya mengusulkan tiga nama untuk setiap posisi ke Pak Wali, nanti siapa yang dipilih, itu wewenang Wali Kota, bukan tugas kami. Yang jelas, Pak Wali punya hak memilih siapa saja diantara 3 nama itu," terangnya.

Riono berpendapat, dalam menentukan satu nama calon pejabat pimpinan pejabat tinggi pratama adalah hak prerogarif kepala daerah. "Jadi, tak bisa nanti misalkan rangking 1 harus di pilih nomor 1, tapi kalau pak wali mau pilih nomor 3 tak masalah, itu hak prerogarif beliau, dan itu diatur," tuturnya.

Kesembilan jabatan yang dilelang itu tersebut yakni Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik, Hukum dan Kemasyarakatan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perhubungan.

Kemudian Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Kebersihan dan Pertamanan, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Kepala Satpol PP dan Penanggulangan Kebakaran.

Editor: Yudha