Beginilah Skema Libur Ramadan untuk Siswa di Kepri
Oleh : Habibie Khasim
Kamis | 25-05-2017 | 10:27 WIB
Kabid-dikdas-Atmadinata.gif
Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Kepri, Atmadinata (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau, melalui Dinas Pendidikan telah menyusun skema libur siswa saat bulan Ramadan.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Kepri, Atmadinata mengatakan, pada H-1 Ramadan, tepatnya pada hari Jumat (26/5/2017) hingga hari kedua Ramadhan, Minggu (28/5/2017) siswa diliburkan. Kemudian siswa akan masuk sekolah kembali pada hari Senin (29/5/2017) hingga tanggal 3 Juni 2017.

"Tapi itu tanggal 1 Juni juga ada libur, jadi tanggal 2-3 Juni mereka kembali melakukan ujian kenaikan kelas yang sudah berlangsung," terang Atmadinata saat dihubungi, Kamis (25/5/2017).

Kemudian, masih ada juga kegiatan pesantren Ramadan. Ini akan dilakukan selama seminggu sejak tanggal 3 atau tanggal 4 Juni. Setelah itu diliburkan kembali hingga tanggal 17 Juni.

"Jadi tanggal 17 Juni ini mereka nanti ambil rapor, dan setelah ambil rapor barulah mereka akan libur panjang, lebih kurang selama sebulan," tutur Atma.

Siswa memang libur sebulan penuh usai pengambilan rapor, karena mereka akan masuk kembali pada tanggal 17 Juli mendatang, setelah pengambilan rapor pada tanggal 17 Juni seperti yang dikatakan Atma.

Atma mengimbau, karena siswa masih ujian, diharapkan dapat fokus ke pelajaran, bukan malah kegirangan karena akan libur panjang. Jangan sampai, liburan membuat siswa menjadi lupa belajar dan nilai ujian malah jeblok.

"Kepada orangtua, kita harapkan jangan terlena juga dengan liburan anak. Anak juga diwajibkan belajar saat di rumah, agar selama liburan yang lumayan banyak ini, hingga sebulan, nanti saat masuk mereka tidak lupa dengan pelajaran di sekolah," tutur Atma.

Editor: Udin