Dinas PU dan Perkim Provinsi Kepri Gotong Royong Bangun Dompak
Oleh : Ismail
Rabu | 03-05-2017 | 10:02 WIB
nurdin-01.gif

Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, terus menggesa rencana pembangunan Pulau Dompak saat ini. Dinas Pekerjaan Umum (PU) dibantu Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Pemprov Kepri diminta saling bekerjasama dan gotong royong.

 

Bahkan lelang pelaksanaan kegiatan untuk rencana setrategis Pulau Dompak tersebut sudah selesai dan pembangunan akan digelar pada tahun 2017 ini. Rencana pembangunan itu di mulai dari pantai dan pesisir jembatan Pulau Dompak.

Dikutip dari website http://lpse.kepriprov.go.id/eproc4/lelang, ada beberapa perencanaan pembangunan prioritas yang akan di bangun tahun ini khusus di kawasan Pulau Dompak. Rencana tersebut mulai Masterplan, Desain, dan AMDAL Kawasan Pantai Gurindam 12 (kawasan pesisir) Kota Tanjungpinang, dengan total lelang anggaran Rp1.8 miliar.

Pembangunan Dinding Penahan Tanah Masjid Raya Dompak Rp9,6miliar. Penataan Jalan dan Taman Jalan Utama Pulau Dompak Rp4,7 miliar. Pengawasan Teknis Penataan Taman Jalan Utama, Pembangunan Kawasan Pintu Masuk Utama, dan Pembangunan Dinding Penahan Tanah di Pulau Dompak Rp337 lebih juta.

Selanjutnya, Rehabilitasi Masjid Raya Pulau Dompak Rp1.8 miliar. Belanja Jasa Konsultan Perencanaan Kegiatan Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang Pulau Dompak Sebagai Kawasan Strategis Provinsi Kepulauan Riau Rp628 lebih juta.

Perencanaan Teknis Pengadaan dan Pemasangan JTM, JTR dan Gardu Distribusi di Pulau Dompak Rp79 lebih juta. Review DED Stadion Utama Pulau Dompak Rp2.4 miliar. Perencanaan Teknis Pembangunan Dinding Penahan Tanah Masjid Raya Dompak Rp100 juta. Perencanaan Teknis Instalasi Listrik Perumahan Masyarakat Dompak Tahap I dan Penyediaan Air Bersih Perumahan Masyarakat Dompak Tahap III Rp88 juta lebih

Pengawasan Teknis Pematangan Lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pulau Dompak Rp 83 juta. Pengawasan Rehabilitasi Pelantaran Masjid Raya Pulau Dompak Rp 69 lebih juta. Peningkatan Jalan Simpang Dompak Rp 849 juta. DED Pembangunan Gedung Balai Wartawan di Dompak Rp 185 juta lebih.

Gubernur Kepri menyampaikan, sudah melihat rencana Detail Engineering Design (DED) pembangunan Pulau Dompak dimasa kepemimpinannya saat ini.

"Nanti mulai dari simpang tiga depan Ramayana Mal dibuat pintu gerbang. Ditambah dengan ornamen selamat datang," ujarnya belum lama ini.

Pembangunan lainnya dilanjutkan lewat Jembatan I Pulau Dompak misalnya pengaktifan lampu penerangan jalan, pagar pedesterian serta prioritas pengaspalan sepanjang jembatan dan sekitar Pulau Dompak.

"Pengaspalan tidak hanya sekitaran Pulau dompak, melainkan sampai daerah perkantoran," tambahnya

Termasuk penambahan dan pembangunan trotoar kiri dan kanan akan diperindah serta di setiap simpang bundaran tersebut akan ada ornamen bola globe serta ornamen lainnya yang bercirikan khas Provinsi Kepulauan riau.

"Termasuk di dinding masjid raya Dompak itu kita baguskan, dengan dibuat ornamen-ornamen unik, sehingga menambah semangat orang untuk berkunjung ke Pulau Dompak," demikan Nurdin Basirun.

Editor: Gokli