Waspada Penurunan Jarak Pandang, Angin Kencang, dan Hujan Tiba-Tiba
Oleh : Ismail
Senin | 01-05-2017 | 11:31 WIB
cuaca-01.gif

Kondisi cuaca di daerah Tanjungpinang pada Senin (1/5/2017). (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Potensi hujan deras secara tiba-tiba diprediksi akan dialami sebagian wilayah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) sepanjang Senin (1/5/2017). Tak hanya itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mengingatkan bagi pengguna jalur transportasi laut agar berhati-hati adanya penurunan jarak pandang, angin kencang serta tinggi gelombang laut di wilayah perairan Kepri.

 

"Untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan diimbau agar berhati - hati terhadap arus laut yang cukup kuat di wilayah perairan Batam, Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Lingga, dan Natuna," peringatan BMKG seperti dikutip dari situs resminya, Senin.

Dalam penjelasannya, kondisi cuaca tersebut diakibatkan oleh awan cumulonimbus - awan vertikal menjulang tinggi, hitam pekat, padat, dan mengakibatkan badai petir dan cuaca dingin lainnya. Untuk itu, BMKG mengimbau bagi masyarakat Kepri, khususnya pengguna jalur transportasi laut agar lebih waspada dalam menghadapi cuaca tersebut

"Potensi hujan lebat tiba-tiba, penurunan jarak pandang mendatar, angin kencang dan kenaikan tinggi gelombang laut yang dapat diakibatkan oleh awan cumulonimbus yang hitam pekat dan menjulang tinggi pada pagi, siang dan dini hari di wilayah Batam, Karimun, Bintan, dan Lingga serta arus laut yang kuat di seluruh wilayah perairan Kepulauan Riau," jelas BMKG.

Editor: Gokli