Ratusan Buruh di Tanjungpinang Senam Bersama Rayakan May Day 2017
Oleh : Roland Aritonang
Senin | 01-05-2017 | 10:47 WIB
senam-01.gif

Ratusan buruh di Tanjungpinang rayakan May Day 2017 dengan senam bersama, loma joget dan donor darah. (Foto: Roland Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Perayaan May Day di Tanjungpinang 2017 berbea dari tahun sebelumnya. Kali ini, mereka lebih memilih kegiatan positif seperti senam bersama yang berlangsung di gedung Gonggong, Senin (1/5/2017).

 

Seluruh buruh yang mengikuti kegiatan ini terlihat bersemangat dan antusias untuk mengikuti senam sehat serta lomba joget dan donor darah yang diadakan oleh BPJS Ketenagakerjaan.

Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Reformasi (SPSI-R) Kota Tanjungpinang, Cholderia Sintinjak mengatakan pada hari ini buruh yang ada di Tanjung‎pinang melaksanakan senam bersama untuk memperingati May Day. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang positif dibandingkan dengan menggelar demo seperti di daerah-daerah lain.

"Kurang lebih ada sebanyak 700 buruh mengikuti kegiatan ini," ujar Cholderia Sitinjak

Pada perayaan May Day ini, Choldera meminta pemerintah untuk membuka lapangan kerja baru dan dapat mengundang investor baru, agar pertumbuhan ekonomi tetap terjaga.

"Karena Tanjungpinang merupakan salah satu Kabupaten/Kota yang buruhnya termasuk kondusif dan aman serta jarang untuk turun ke jalan melakukan Demo," katanya

Untuk menyelesesaikan masalah, buruh di Tanjungpinang lebih memilih negosiasi dari pada melakukan hal-hal negatif.

"Untuk anggota dewan supaya memikirkan infrastruktur yang utama seperti kita lihat dengan tenaga listrik yang minim," ucapnya.

Selain itu, Cholderia berharap pemerintah bisa menghapuskan autsorcing dan mencaput PP 78/2015. Di mana, PP tersebut membuat serikat pekerja tidak berfungsi dan membuat penetapan upah sesusai inflasi.

"Penetapan upah harus berkeadilan, tak bisa disama ratakan," pungkasnya.

Editor: Gokli