HUT Otonomi Daerah Tanjungpinang Ke-21, Momentum Evaluasi Kinerja
Oleh : Habibie Khasim
Selasa | 25-04-2017 | 18:14 WIB
Hari-Otda-di-TPI-400x192.gif

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul memimpin upacara HUT Otonom ke-21 (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil walikota Tanjungpinang, Syahrul, memimpin Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-21 di Halaman Kantor Walikota Tanjungpinang, Selasa (25/4/2017). 

Upacara itu diikuti oleh segenap pejabat, Aparatur Sipil Negera (ASN) dan Honorer di lingkup Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Dalam sambutannya, Syahrul mengatakan, peringatan Hari Otonomi Daerah yang dilaksanakan setiap tahun itu merupakan momentum untuk mengevaluasi perkembangan kinerja pelaksanaan otonomi di daerah.
 
Tahun ini, Hari Otonom ke-21 itu mengangkat tema "Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Tingkatkan Kinerja Pelayanan Publik Melalui E-Goverment”, yang memiliki makna, bahwa setiap pelaksanaan otonomi merupakan peningkatan kinerja pelayanan publik yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi guna mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik dan aparatur pemerintah daerah yang bersih dan transparasi.
 
"Sebagaimana harapan dari Menteri Dalam Negeri RI, sejalan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, setiap pemerintah daerah senantiasa berinisiatif untuk mengelola pelayanan publik yang berbasis electronic goverment. Untuk itu, Kemendagri mengembangan smart city untuk mendorong setiap pemerintah daerah memprioritaskan program pembangunan, sesuai karakteristik daerah dan kebutuhan masyarakat yang berbasis elektronic goverment," tutur Syahrul.
 
Pemerintah Kota Tanjungpinang sendiri kata Syahrul lagi, juga telah melaksanakan pembangunan smart city untuk meningkatkan pelayanan publik melalui sistem eletronik, seperti pembayaran pajak online, simda online, penyediaan layanan Wifi gratis untuk masyarakat yang dipasang di beberapa lokasi yang termasuk dalam ruang publik, seperti di Anjung Cahaya dan Gedung Gonggong Laman Bunda.

"Kita harap ini dapat terus dikembangkan, agar Tanjungpinang benar-benar menjadi kota yang Smart, masyarakat pun semakin melek terhadap E-goverment yang pemerintah canangkan," tutur Syahrul.

Editor: Udin