HUT Satpol PP ke-67, Lebih Menekankan Pada Pendekatan Persuasif
Oleh : Ismail
Kamis | 20-04-2017 | 14:02 WIB
hutsatpol1.jpg

Peringatan HUT Satpol PP ke-67 di Halaman Kantor Gubernur Kepri Dompak. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Memperingati HUT Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-67 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) ke-55, ratusan anggota Satpol PP Provinsi Kepri menggelar upacara di Halaman Kantor Gubernur, Dompak, Kamis (20/4/2017).

Dalam gelaran upacara ini, Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri sebagai inspektur upacara menyampaikan, apresiasi dan bangga atas pengabdian yang telah dilakukan Satpol PP dan Satlinmas selama ini.

Ia menyampaikan, peringatan HUT Satpol PP dan Satlinmas jatuh pada 3 Maret lalu. Namun, dalam peringatan kali ini dirinya mengucapkan apresiasi setinggi-tingginya terhadap anggota Satpol PP Kepri. Menurutnya, Satpol PP dan Satlinmas adalah garda terdepan dalam menegakkan peraturan di daerah serta perlindungan terhadap masyarakat.

"Atas nama pemerintah, saya mengucapkan Dirgahayu Satpol PP ke-67 dan Dirgahayu ke-55 untuk Satlinmas serta turut bangga atas pengabdian yang telah dilakukan," ujar Sekda.

Keberadaan Satpol PP menurut Sekda akan berpotensi lebih kuat tentunya apabila dibantu oleh Satlinmas. Serta dengan bertambahnya usia Satpol PP dan Satlinmas, pemerintah terus menekankan pentingnya dialog serta mengajak Satpol PP dan Satlinmas tetap bersikap ramah kepada masyarakat.

"Dalam menjalankan tugas, Satpol PP harus mengedepankan dialog dan terus ramah terhadap masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kepri, Subandi mengungkapkan, sesuai dengan arahan yang disampaikan Sekdaprov, dirinya akan mengoptimalkan kinerja para anggotanya. Diakuinya, selama ini masih banyak ketidakefektifan kinerja pihak Satpol PP dalam melaksanakan fungsinya sebaga penegakan Peraturan Daerah.

"Kami akan evaluasi segala kekuangan kami. Ini kami lakukan agar kinerja Satpol PP Kepri kedepan lebih optimal," ungkapnya.

Tak hanya, Subandi juga mengingatkan anggotanya untuk lebih menekankan pada pendekatan persuasif saat melaksanakan tugas. Tidak menonjolkan kekuatan fisik serta otot dalam menindak.

"Saya tekankan pada anggota lebih mengutamakan pendekatan secara persuasif dibandingkan menonjolkan otot," tegasnya.

Usai upacara, para pejabat yang hadir juga disuguhi dengan atraksi oleh anggota Satpol PP Kepri. Salah satunya, atraksi bela diri AA Boxer. Kemampuan bela diri AA Boxer ini adalah salah satu skill yang dimiliki anggota Satpol PP Kepri.

Editor: Yudha