Recana Penataan Kawasan Pesisir Tanjungpinang

Permukiman Warga Teluk Keriting akan Disulap Warna-warni
Oleh : Ismail
Selasa | 18-04-2017 | 17:02 WIB
Syamsul-Bachrum-400x192.gif

Asisten III Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum (Foto: istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Asisten II Pemprov Kepri, Syamsul Bahrum mengemukakan, rencana penataan kawasan pesisir Teluk Keriting, Tanjungpinang, akan dimulai setelah pengesahan APBD-Perubahan 2017 dan APBD 2018.

"Rencana ini sudah dianggarkan pada anggaran perubahan 2017 dan anggaran murni 2018," katanya, Selasa (18/4/2017) di Tanjungpinang.

Dalam penataan ini nantinya, kata Syamsul Bahrum, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Kepri akan "keroyokan" membangun kawasan Teluk Keriting. Dengan konsep pembangunan yang merujuk pada pembangunan kawasan pantai terpadu dan difokuskan di pusat perkampungan.

"Masing-masing OPD menjalankan minimal dua program untuk menghidupkan suasana pemukiman Teluk Keriting," tegas Syamsul.

Salah satu OPD yang akan menganggarkan alokasi besar pada proyek tersebut adalah Dinas Permukiman dan Perumahan Kepri. Direncanakan, permukiman warga setempat akan disulap warna-warni, sehingga menambah kesan unik dan indah.

Kawasan Teluk Keriting ini merupakan lokasi strategis wajah Tanjungpinang. Sebab, saat kapal yang akan berlabuh dan berangkat dari Pelabuhan Sri Bintan Pura, akan melewati kawasan permukiman tersebut.

"Warga setempat pun bebas memilih apa saja warnanya," pungkasnya.

Namun, ia menegaskan, dalam penataan Teluk Keriting ini, pihaknya tidak akan melakukan reklamasi. Para OPD hanya diperkenankan melaksanakan pembangunan dengan tujuan meningkatkan potensi wisata dan keramaian di kawasan tersebut.

"Tapi satu yang ingin kami pastikan, tidak akan ada upaya reklamasi dalam kerja penataan kawasan ini," tegasnya.

Editor: Udin