Korem 033 Wira Pratama Siap Bantu Pembangunan 70 Kampung KB di Kepri
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Selasa | 11-04-2017 | 18:38 WIB
Kampung-KB.gif

Korem 033 Wira Pratama, akan siap membantu Badan Kependudukan dan ‎Keluarga Berencana (BKKBBN) dalam pembangunan 70 Kampung Keluarga Berencana (KB) yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Riau. (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Korem 033 Wira Pratama, akan siap membantu Badan Kependudukan dan ‎Keluarga Berencana (BKKBBN) dalam pembangunan 70 Kampung Keluarga Berencana (KB) yang tersebar di seluruh wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Komandan Korem 033 Wira Pratama, Brigjen TNI Fachri bersama pelaksana Harian BKBBN Kepri, Syaifuddin (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

Komandan Korem 033 Wira Pratama, Brigjen TNI Fachri, menyatakan kesiapannya untuk membantu program BKBBN agar dapat menjangkau wilayah terpencil di Kepri. Melalui manunggal TNI dengan pemerintah, katanya, maka dapat membantu program BKBBN membangun Kampung KB di wilayah Kepri dengan target 70 kampung.

‎"Untuk tahun ini targetnya 70 kampung, kita akan memulai membangun dari wilayah pinggiran, terdiri dari pulau-pulau yang sulit terjangkau, yang rencana awalnya akan dibangun di Kabupaten Karimun," ujar Fachri, saat ditemui di ‎Markas Korem Wira Pratama dalam rapat koordinasi perencanaan Kampung KB dan TNI Manunggal KB Kesehatan di Kepri, Selasa (11/4/2017).

Fachri mengatakan, akan memanfaatkan prajurit TNI dan fasilitas yang ada, untuk melaksanakan program ini. Dalam hal ini akan manfaatkan peran Babinsa dan bahkan jika membutuhkan transportasi laut, kapal TNI AL siap diperbantukan, sehingga targetnya dapat terlaksana tahun ini. ‎

"‎Pembangunan Kampung KB ini guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kepri. Rencananya, Kampung KB ini akan dibangun di masing-masing kampung di setiap desa, kecamatan, dan kabupaten di Kepri," katanya‎.

Sementara itu di tempat yang sama, pelaksana Harian BKBBN Kepri, Syaifuddin, mengatakan bahwa dengan adanya Kampung KB ini, akan melayani masyarakat yang ingin masuk program KB. Sebab, dilihat dari minat masyarakat Kepri untuk ikut program KB sangat tinggi namun belum bisa dilayani dengan baik, maka melalui rencana pembangunan Kampung KB ini semua masyarakat dapat terlayani.

"Masyrakat kepri antusias dalam ber KB, bahkan sangat tinggi atau sebesar 42 persen. Nantinya dengan adanya Kampung KB di seluruh wilayah, kesertaannya akan segera dilayani," ucapnya.

‎Menurutnya, dengan program Kampung KB ini nantinya, BKBBN tidak akan memilih-milih peserta. Dikarenakan sasaran program ini kepada semua masyarakat yang ingin ber KB dengan menggunakan pelayanan terpadu.

"Semua dari kalangan manapun akan kita layani, dan kita tidak akan memilah-milah," pungkasnya.

Editor: Udin