Buka Forum OPD Kepri

Sekdaprov Tekankan Masing-masing OPD se-Kepri Susun Program Sesuai RPJMD
Oleh : Ismail
Rabu | 29-03-2017 | 17:50 WIB
Sekda-Arif-Fadillah-okay.gif

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri, TS Arif Fadillah (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri, TS. Arif Fadillah berharap agar setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), baik pemerintah kabupaten, kota dan provinsi untuk mensinergikan program-program yang sudah disusun untuk tahun 2018. 

Sekda Arif Fadillah menyampaikan hal itu saat membuka Forum OPD Provinsi Kepri di Hotel CK, Tanjungpinang, Rabu (29/3/2017).

"Forum ini digelar untuk melakukan pembahasan secara mendetail tentang program dan kegiatan yang diusulkan oleh OPD kabupaten/kota kepada Pemprov Kepri . Hal ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri)," ujarnya. 

Ia juga menjelaskan, program-program tersebut akan disusun menjadi Rencana Kerja (Renja) OPD Provinsi Kepri tahun 2018, dan selanjutnya dilakukan pembahasan dalam rangka verifikasi usulan kabupaten/kota ke Pemerintah Pusat.

"Kami minta Kepala OPD agar benar-benar memperhatikan program kerjanya selaras dengan dokumen RPJMD Kepri," ujarnya.

Menurut Arif, Forum OPD ini juga menjadi rangkaian proses perencanaan dalam rangka penyempurnaan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kepri 2018, yang lebih lanjut akan dilakukan penajaman indikator kinerja program dan kegiatan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) provinsi pada 4 sampai 5 April 2018 mendatang.

"Sebenarnya pada forum OPD ini, rekan-rekan OPD lebih dituntut kerjanya. Sedangkan, Musrenbang nanti hanya tinggal meminta dukungan, arahan narasumber dan lainnya," ungkapnya.

Dijelaskannya, sesuai dengan RPJMD Provinsi Kepri, Program prioritas Pemprov Kepri pada tahun 2018 nanti masih ditekankan pada beberapa hal penting. Di antaranya, pengembangan di bidang kemaritiman baik berupa sektor perikanan maupun pariwisata, penanggulangan kemiskinan dan tingkat pengangguran di Kepri.

Kemudian, disertai juga dengan peningkatan pelayanan dasar, pengembangan kebudayaan Kepri berbasis Melayu, serta peningkatan sistem administrasi perangkat daerah yang akuntabilitas.

Selain itu, lanjut Arif, tak kalah penting dan yang paling utama , yakni peningkatan kualitas infrastruktur. Sesuai dengan instruksi Gubernur Kepri, yang lebih menekankan pada infrastuktur daerah. Mengingat kondisi geografis kepri yang daerahnya dikelilingi lautan, sehingga membutuhkan peningkatan infrastruktur.

"Jadi peningkatan infrastruktur harus dikejar. Mengingat infrastruktur ini sangat penting," imbuhnya.

Editor: Udin