Bappeda Kepri Selaraskan Program Kerja Melalui Forum OPD
Oleh : Ismail
Rabu | 29-03-2017 | 14:26 WIB
Forum-OPD1.gif

Badan Perencanaan, Penelitian dan Penerangan Daerah (BAPPEDA) Kepri melaksanakan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Hotel CK, Tanjungpinang, Rabu (29/3/2017).

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sebagai upaya menyelaraskan program-program Pemerintah Kota/Kabupaten dan Provinsi Kepri, Badan Perencanaan, Penelitian dan Penerangan Daerah (BAPPEDA) Kepri melaksanakan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Hotel CK, Tanjungpinang, Rabu (29/3/2017).

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai langkah pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Provinsi pada 4-5 April mendatang.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menyelaraskan program kerja dan Renstra (Rencana Strategis) dan Renja (Rencana Kerja) Kabupaten/Kota dan Provinsi," ungkap Naharuddin, Kepala Bappeda Kepri.

Dikatakannya, pelaksanaan Forum OPD ini merupakan agenda penting sebelum melaksanakan Musrenbang tingkat Provinsi April mendatang. Untuk itu penting dilakukan pembahasan secara mendetail tentang program dan kegiatan yang diusulkan oleh OPD kabupaten/kota kepada Pemprov Kepri melalui forum ini.

"Kegiatan ini adalaha salah satu agenda penting pra Musrenbang tingkat Provinsi Kepri. Dalam kegiatan ini lah kita selaraskan program kerja OPD Kabupaten, Kota dan Provinsi sesuai dengan RPJMD Kepri," tutur Naharudin.

Ia menambahkan, untuk mempermudah dan meningkatkan transparansi dan akuntabilitas perencanaan pada tahun 2018 mendatang, Pemprov Kepri akan menggunakan sistem Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah E- Planning.

Dijelaskannya, sistem e-planning ini, untuk membantu perencanaan dan sekaligus sebagai alat kontrol. Sistem ini diterapkan agar semua akses yang berkaitan dengan perencanaan, bisa diketahui dengan cepat. Semua perangkat dan sumber daya manusia (SDM) yang akan mengoperasionalkan sistem tersebut sudah siap.

Editor: Yudha