Kegiatan Fisik Belum Berjalan, Sekda Kepri Evaluasi Kinerja OPD
Oleh : Ismail
Jum'at | 24-03-2017 | 19:02 WIB
TS-Arif-Fadillah.gif

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri, TA Arif Fadillah (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Setelah didesak oleh Gubernur untuk segera melaksanakan kegiatan pada tahun 2017, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri sudah mulai melaksanakan kegiatannya

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri, TA Arif Fadillah mengungkapkan, meski terlambat, beberapa OPD sudah mulai melaksanakan kegiatan non fisik pada instansinya masing-masing.

Meski belum menerima laporan resmi pelaksanaan kegiatan di setiap OPD, hal tersebut dinilainya dari beberapa undangan pembukaan kegiatan yang diikutinya beberapa pekan terakhir.

"Sudah banyak juga rekan-rekan OPD yang memulai kegiatannya. Saya dan Pak Gubernur sudah beberapa kali membuka kegiatan-kegiatan dari beberapa OPD," katanya usai menghadiri Sidang Paripurna Pandangan Umum Fraksi DPRD Kepri, Jumat (24/3/2017).

Arif menjelaskan, dirinya bersama Gubernur kerap melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan masing-masing OPD untuk segera melaksanakan kegiatannya pada tahun 2017 ini. Bahkan, Gubernur selalu menekankan para OPD untuk segera melaksanakan pembangunan fisik.

Hanya saja, hingga kini dari 40 OPD di Kepri, baru dua OPD saja yang sudah melaksanakan lelang proyek. Yakni Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Dinas Perhubungan (Dishub).

"Kita dorong terus OPD untuk melaksanakan kegiatannya. Evaluasi juga kami lakukan. Bahkan, Pak Gubernur juga sudah memetakan OPD yang belum melaksanakan kegiatannya," tutur Sekda.

Menurutnya, tidak ada alasan lagi para OPD menunda pelaksanaan kegiatan fisik. Karena, kelengkapan dokumen perencanaan sudah selesai. Lalu, Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) masing-masing OPD juga sudah lengkap.

"Jadi tidak ada alasan lagi OPD menunda-nunda. SIRUP juga lengkap semua, seharusnya kegiatan fisik sudah bisa dilelang," imbuhnya.

Meski proses APBD Kepri mengalami keterlambatan, Arif berharap pelaksanaan proyek sudah berjalan pada bulan Agustus mendatang, seperti, pengaspalan (jalan) dan pembangunan lainnya.

Editor: Udin