Berikan Sumbangsih Besar dalam MTQ, Syahrul Apresiasi TPA dan TPQ di Tanjungpinang
Oleh : Habibie Khasim
Rabu | 22-03-2017 | 16:50 WIB
Wawako-TPI-Syahrul.gif

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Tanjungpinang, Syahrul (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran Tanjungpinang, Syahrul, mengatakan bahwa Taman Pendidikan Alquran (TPA) di Kota Tanjungpinang, saat ini memberikan sumbangsih terbesar dalam melahirkan generasi Qurani. Bahkan, sebagian besar peserta Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) di Kota Tanjungpinang berasal dari binaan TPA.

"Memang TPA/TPQ ini merupakan basis pengembangan Alquran di Kota Tanjungpinang. Banyak lahir qori dan qoriah dari TPA/TPQ. Kita sangat bersyukur memiliki para guru TPA dann TPQ yang sangat aktif membangun pengetahuan anak," kata Ketua LPTQ yang juga Wakil Walikota Tanjungpinang ini saat diwawancarai Rabu (22/3/2017).

Syahrul mengatakan, sejak adanya wisuda 1000 santri yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang, antusiasme masyarakat untuk memasukkan anak mereka ke TPA serta TPQ semakin tinggi. Selain itu, perkembangan TPA di Tanjungpinang saat ini cukup baik. Sehingga banyak mencetak bibit qori dan qoriah.

"Ini juga berimbas kepada peserta MTQ tingkat kelurahan yang meningkat setiap tahunnya. Tentunya Pemko Tanjungpinang sangat mendukung dan memberikan apresiasi terhadap TPA dan TPQ di Tanjungpinang," tutur Syahrul.

Disinggung tentang MTQ, Syahrul berambisi untuk mempertahankan peringkat 3 yang didapat pada MTQ di Karimun tahun lalu. Untuk meraih itu, Pemko Tanjungpinang akan terus "memompa" calon peserta yang akan dikirim mewakili Tanjungpinang nantinya.

"Cabang unggulan Kota Tanjungpinang sampai saat ini masih cabang Tilawah dan Hifzil Quran atau hafalan alquran 1 dan 5 juz. Tahun ini kita harapkan ada peningkatan dalam cabang Hifzil Quran ini. Untuk itu, kita akan mendatangkan pelatih dari Jakarta saat training centre nanti," terang Syahrul.

Adapun MTQ tingkat Kota Tanjungpinang sendiri akan dilaksanakan pada 17-21 April mendatang di Terminal Sei Carang.

Editor: Udin