Tes Kesamaptaan Jasmani Syarat Naik Pangkat Anggota Korem 033 Wira Pratama
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Rabu | 22-03-2017 | 11:02 WIB
lari-3200-meter.gif

Lari sejauh 3200 meter dengan waktu yang telah ditentukan dengan kategori umur merupakan salah satu  nilai kesegaran yang diambil untuk syarat keniakan pangkat di jajaran korem 033/ Wira Pratama (Foto: Roland Hasudungan Aritonang) 

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Tes kesamaptaan jasmani dalam rangka pra UKP Bintara, Tamtama dan kesamaptaan jasmani Pama Makorem 033/Wira Pratama, diikuti oleh 210 orang prajurit Korem Pama, Bintara dan Tamtama, Rabu (22/03/2017) di lapangan Makorem 033/Wira Pratama. 

Kegiatan yang dilaksanakan tepat pada pukul 06.00 Wib itu, terlebih dahulu dilaksanakan pemeriksaan tensi oleh dokter Poliklimik Korem dan dilanjutkan dengan senam pelemasan yang dipimpin oleh BA Jasrem Sertu Subatin.

Pada kegiatan itu, garjas UKP langsung mendapatkan pengawasan dari Kasi Pers Kolonel Arm M Sanuri Hadi dan Kajasrem 033/WP Kapten Arm Sukarjo.

Kegiatan samapta itu, juga bertujuan untuk menguji kelayakan, pantas tidaknya seorang prajurit TNI AD jajaran Korem 033/Wira Pratama untuk dinaikkan pangkat satu tingkat di atasnya, TMT 1 Oktober 2017.

Sebab, hal ini merupakan bagian dari kewajiban seorang prajurit untuk selalu membina fisik dan mental, selain untuk mempersipkan diri melaksanakan tugas operasi, juga untuk menyiapkan diri sebagai persyaratan karier kenaikan pangkat prajurit.

Kasi Pers, Kolonel Arm M Sanuri Hadi, mengatakan bahwa untuk Tes Kesemaptaan ini diambil dari nilai kesegaran A yaitu dengan lari sejauh 3200 meter dengan waktu yang telah ditentukan dengan kategori umur.

Sedangkan samapta B yang terdiri dari pull-up, sit-up, push-up dan shutlle run serta renang militer, dilakukan untuk mengukur tingkat kemampuan jasmani para prajurit sebagai upaya pembinaan dan peningkatan jasmani dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok ke depan.

"Untuk itu, diharapkan kepada seluruh personel Korem 033/Wira Pratama yang akan diusulkan kenaikan pangkatnya agar memenuhi syarat penilaian yaitu angka minimal 65 dan untuk sekolah/kursus minimal nilai 70," katanya dalam rilis yang disampaikan ke meja redaksi BATAMTODAY.COM.

Sehingga, sebelum pelaksanaan UKP, diharapkan kepada anggota untuk selalu menjaga dan meningkatkan kondisi fisik dan kesehatan dengan pola hidup yang teratur.

Editor: Udin