Lantamal IV Tanjungpinang Gelar Baksos Kesehatan di Pulau Mantang Baru Bintan
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 16-03-2017 | 09:26 WIB
baksos-01.gif

Bhakti Sosial Kesehatan Lantamal IV Tanjungpinang di Pulau Mantang Baru, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, Rabu (15/3/2017). (Foto: Dispen Lantamal IV)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pangkalan Utama Angkatan Laut IV (Lantamal IV) Tanjungpinang menyelenggarakan kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan TNI Angkatan Laut di Pulau Mantang Baru, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri, Rabu (15/3/2017).

Danlantamal IV Laksma TNI S. Irawan, S.E. mengatakan Bhakti Sosial Kesehatan TNI Angkatan Laut yang diselenggarakan hari ini merupakan wujud komitmen Lantamal IV untuk senantiasa memelihara dan memantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat sekaligus membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

"Untuk itu, Lantamal IV bertekad akan terus melaksanakan dan mengembangkan Bhakti Sosial Kesehatan TNI Angkatan Laut di daerah-daerah terpencil yang masih kurang pelayanan kesehatan," kata Irawan, seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima BATAMTODAY.COM dari Lantamal IV Tanjungpinang, Kamis (16/3/2017).

Lebih lanjut Irawan meyampaikan Lantamal IV melalui Dinas Potensi Maritim (Dispotmar) dalam menjalankan tugas di bidang teritorial bertanggungjawab untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat khususnya masyarakat pesisir untuk menggali dan memanfaatkan potensi baik sumber daya alam yang tersedia untuk diolah sedemikian rupa sehingga mampu memberikan nilai ekonomis guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Dalam upayanya memberdayakan masyarakat pesisir, Lantamal IV senantiasa bersinergi dengan berbagai stakeholder yang ada di wilayah Kepri sehingga upaya-upaya pembinaan dan pemberdayaan masyarakat pesisir dapat dilakukan secara terarah dan berkesinambungan," ungkapnya.

Dengan menerjukan tim medis dari Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal IV dan didukung oleh personel Dispotmar Lantamal IV yang dipimpin langsung oleh Letkol Laut (KH) Safrudin Amir, S.Ag., dari kegiatan yang berlangsung selama sehari itu telah memberikan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan dan pengobatan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA), gangguan system pencernaan (gastritis), kelainan kulit (dermatitis), Hipertensi, infeksi telinga (otitis eksterna), rematik (rheumatoid arthritis) dan demam (febris).

Selain memberikan pelayanan kesehatan, tim penyuluh dari Dispotmar Lantamal IV juga memberikan penyuluhan kepada masyarakat mengenai keselamatan pelayaran. Lantamal IV juga menerjunkan KAL Pintar Mandiri, yaitu kapal TNI Angkatan Laut yang difungsikan sebagai perpustakaan terapung. Dengan membawa berbagai macam buku, KAL Pintar Mandiri menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak pesisir. Hal ini terlihat dari begitu antusiasnya anak-anak membaca buku yang tersedia.

Editor: Gokli