Galau, Pelindo Tanjungpinang Kembali Turunkan Tarif Pass Pelabuhan Internasional
Oleh : Habibie Khasim
Rabu | 15-03-2017 | 18:39 WIB
GM-Pelindo-I-Tanjungpinang.jpg

General Manager PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, I Wayan Wirawan, menunjukkan masterplan Pelabuhan skala Internasional (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, diam-diam melakukan pertemuan bersama Anggota Komisi II DPRD Tanjungpinang di Hotel CK, Rabu (15/3/2017). Setelah pertemuan tersebut, tiba-tiba Pelindo I Cabang Tanjungpinang mengumumkan, harga pass pelabuhan internasional Sri Bintan Pura kembali turun.

Setelah sebelumnya direncanakan kenaikannya mencapai Rp60 ribu untuk WNA dan Rp40 ribu untuk WNI, kini masing-masing turun Rp5 ribu perpass, menjadi Rp55 ribu untuk WNA dan Rp35 ribu untuk WNI.

“Pelindo bersama Biro Ekonomi dan BUMD PT Tanjungpinang Makmur Bersama (TMB) sepakat merubah tarif untuk WNI Rp35 ribu yang sebelumnya direncanakan sebesar Rp40 ribu. Sedangkan untuk WNA Rp55 ribu yang direncanakan sebelumnya sebesar Rp60 ribu,” kata General Manager Pelindo I Cabang Tanjungpinang, I Wayan Wirawan, Rabu (15/3/2017).

Mengenai perubahan tarif ini sendiri kata Wayan, dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Termasuk rapat dengar pendapat (RDP) bersama anggota DPRD yang telah beberapa kali dilakukan.

"Kita juga sudah hearing. Alhamdulillah kita mendapatkan beberapa masukan dan mendengar aspirasi dari berbagai pihak seperti DPRD Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Dinas Perhubungan, Asosiasi Wisata (ASITA), OKP KNPI, LSM, Ormas dan Tokoh masyarakat. Dari masukan itu akhirnya kita mengambil kebijakan untuk menurunkan lagi harga pass pelabuhan yang sudah kita ancang sebelumnya," terang Wayan.

Terkait pemberlakuan, Wayan mengatakan tidak ada perubahan, yaitu terhitung tanggal 1 Juni 2017. Untuk harga pelabuhan domestik pun tidak ada perubahan, yaitu tetap diangka Rp5000 untuk penumpang dan pengantar/penjemput.

“Mudah-mudahan apa yang kita tetapkan hari ini bisa diterima oleh masyarakat, khususnya pengguna jasa pelabuhan keberangkatan luar negeri. Semua ini kita lakukan untuk memajukan pelabuhan dan kepentingan masyarakat,” tuturnya.

Editor: Udin