BI Kepri Dorong Pemda Garap Sektor Maritim dan Pariwisata
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 14-03-2017 | 09:15 WIB
Kepala-BI-Kepri-01.gif

Gusti Raizal Eka Putra, Kepala BI Perwakilan Kepri. (Foto: dok BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Kepri mendorong pemerintah daerah agar lebih fokus mengelola sektor maritim dan pariwisata. Kedua sektor itu dinilai dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Kepri, di tengah melambatnya ekonomi global dan nasional.

"‎Potensi investasi di bidang maritim, khususnya perikanan dan pariwisata yang dilakukan secara optimal menjadi sektor yang dapat meningkatkan angka perolehan ekonomi Kepri," kata Kepala Perwakilan BI, Gustian Reza Eka Putra, dalam rapat koordinasi pengembangan ekonomi dan keuangan Provinsi Kepri, di Kantor Gubernur Kepri, Senin (13/3/2017).

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Provinsi Kepri tahun 2017 ini masih positif. Hanya saja, pemerintah perlu menjaga angka inflasi tetap stabil dan mulai bergerak megelola sekor maritim dan pariwisata.

Pelambatan pertumbuhan ekonomi Kepri, tambah dia, ‎disebabkan melambatnya permintaan global serta industri dan investasi juga melemah. Tetapi dengan angka inflasi stabil, secara otomatis pertumbuhan ekonomi juga akan membaik.

Bertumbuhnya ekonomi global dana Nasional saat ini, jelas Gusti, dengan asumsi ditarget pertumbuhan ekonomo Nasional 5,4 persen, akan juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kepri.

"Pertumbuhan akan terjadi, kendati cenderung melambat akibat ekonomi global dan ekonomi Nasional yang melambat, mengakibatkan ekonomi Kepri juga terdampak," ujarnya.

Selain itu, program Pusat ke daerah, khususnya pengembangan kawasan perbatasan dengan pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur di Natuna, akan mempercepat perkembangan ekonomi kemaritiman di Provinsi Kepri.

"Hal ini akan menjadi peluang dalam meningkatkan target ekonomi Kepri, di sampimg sektor manufaktur dan pengolahan barang yang ada di Batam," ujarnya.

BI juga menyampaiakan, dengan sinkornisasi progam Pusat dan Daerah dalam pembangunan sarana dan prasarana kemaritiman, diharapkan akan menyumbang target ekonomi Kepri yang mencapai 5,4 - 5,5 pada 2017 Ini.

Editor: Gokli