Car Free Day, Gedung Gonggong Tanjungpinang Jadi Pusat Olahraga Masyarakat
Oleh : Ismail
Minggu | 12-03-2017 | 14:00 WIB
Tepi_laut.jpg

Suasana kawasan Tepi Laut pada Minggu (12/3/2017) pagi (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Sejak tahun 2011 lalu, Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang sudah menetapkan sepanjang kawasan Jalan Haji Agus Salim, Tepi Laut, sebagai kawasan bebas kendaraan bermotor (Car Free Day) setiap hari Minggu pagi.

Seperti pada Minggu (12/3/2017), tampak ratusan warga memadati seputaran Gedung Gonggong hingga ke Gedung Daerah sebagai tempat berolahraga. Alat- alat olahraga serta jogging track yang dibangun Pemko Tanjunpinang tampak digunakan dengan baik oleh warga. Halaman dan jalan juga digunakan sebagai tempat senam warga.

Frida, salah satu warga yang ditemui di lokasi Car Free Day mengakui, dirinya memang secara rutin melakukam aktifitas olahraga pada hari Minggu di kawasan Tepi Laut. Menurutnya, penetapan kawasan Car Free Day setiap Minggu pagi di kawasan ini, sangat dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat.

Karena, masyarakat bisa memanfaatkan hari liburnya untuk menghirup udara segar di pagi hari sambil berolahraga. Ditambah lagi, fasiltas yang diberikan juga sudah berangsur baik, dengan diadakannya perlengkapan olahraga, jogging track, serta laman luas yang bisa digunakan warga untuk berolahraga.

"Saya setiap Minggu pagi memang rutin kesini (Car Free Day) untuk jogging dan mengikuti senam," ungkapnya kepada BATAMTODAY.COM, Minggu (12/3/2017).

Hanya saja, ia menambahkan, sebaiknya Pemko Tanjungpinang harus menambahkan personel untuk menjaga pelaksanaan jadwal Car Free Day ini. Karena, meski pintu masuk kawasan Tepi Laut sudah dipasangi penghalang kendaraan dan dijaga petugas Dinas Perhubungan (Dishub), masih saja aja kendaraan yang lalu lalang di kawasan tersebut. Padahal, setiap mulai pukul 6-9 pagi, kawasan Tepi Laut adalah kawasan bebas kendaraan bermotor.

"Masih ada aja kendaraan yang lalu lalang. Kan ganggu pejalan kaki," katanya.

Untuk itu, Frida mengharapkan Pemko Tanjungpinang menambah personel untuk menjaga pelaksanaan Car Free Day di kawasan Tepi Laut. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat yang hendak berolahraga dan menghirup udara pagi, tanpa harus diganggu dengan kendaraan yang lalu lalang di kawasan tersebut.

Editor: Surya