Nurdin Perintahkan Kepala OPD Ekspos Seluruh Program Kegiatan
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 07-03-2017 | 13:02 WIB
Sekda-Kepri-Fadillah1.gif

Sekda Kepri, Arif Fadillah. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun memerintahkan kepada seluruh Kepala Organisasi Pemerintah Daerah untuk melakukan ekspos publikasi seluruh program kegiatan yang akan dilaksanakan.

Hal itu diperintahkan Gubernur dalam rapat evaluasi pelaksanaan kegiatan program atas Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) masing-masing satuan OPD dengan seluruh Kepala Dinas, Badan dan Kantor di Kantor Gubernur Kepri, Senin (6/3/2017).

"Jadi dalam rapat dengan seluruh Kepala OPD kemarin, Gubernur juga meminta seluruh Kepala OPD, mensosialisasikan program kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan, sesuai dengan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)," ujar Sekda Kepri, Arif Fadillah pada wartawan di Tanjungpinang.

Pelaksanaan ekspos sosialisasi program pembangunan yang dilakukan masing-masing OPD, bertujuan untuk mensinkronisasikan dan menyamakan persepsi, tujuan program pembangunan yang telah direncanakan Gubernur dengan Kepala dinas, Badan dan kantor di Provinsi Kepri.

"Jadi biar persepsi tujuannya sama. Jangan sampai Gubernur maksudnya ini, kepala dinas melakukan itu," ujar Arif.

Selain itu, tambah mantan Sekda Karimun itu, publikasi kegiatan yang dilakukan OPD di Kepri, akan menjadi point serta evaluasi penilaian, atas kinerja masing-masing Kepala OPD dalam capaian target pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan di Provinsi Kepri.

"Ekpos dan Publikasi Pelaksanaan Kegiatan masing-masing OPD ini, nantinya, akan menjadi Penilaiaan bagi kami, atas Kinerja, Capaian Target, serta Kondite dari masing-masing Kepala OPD," sebutnya.

Terkait dengan Sanksi bagi Kepala OPD yang tidak mengekspos dan mempublikasikan Program kegiatanya, Arif Fadilah mengatakan, akan menjadi penilaian internal Gubernur dan Sekda.

"Mengenai sanksi nanti itu internal, dan menjadi pertimbangan Gubernur, apakah masih memakai Kepala OPD bersangkuatan atau melakukan Penggantian," ujarnya.

Pelaksanaan Ekspos dan Publikasi, diharapkan TS.arif Fadillah, dilakukan masing-masing Kepala OPD, mulai minggu ini, Khususnya mengenai rencana program kegiatan yang dilakukan, dalam mencapai RPJMD Pemrintah Provinsi Kepri.

Diketahui, Alokasi dana APBD 2017 Provinsi Kepri adalah Rp. 3.360.898.191.265,-. Dari total dana APBD tersebut, Rp. 3.201.558.825.999 merupakan Pendapatan dan Rp.3.360.898.191.265, merupakan belanja langsung dan tidak langsung.

Dari total belanja langsung dan tidak langsung, digunakan untuk melaksanakan 2.104 kegiatan pada 188 program yang akan dijalankan Pemerintah Provinsi Kepri di 2017.

Adapun 7 skala priorotas program pembangunan dari RPJMD dan Visi-Misi Gubernur "Terwujudnya Kepulauan Riau sebagai Bunda Tanah Melayu yang Sejahtera, Berakhlak Mulia, Ramah Lingkungan dan Unggul di Bidang Maritim‎" antara lain, menitikberatkan pada peningkatan pelayanan dasar masyarakat, peningkatan infrastruktur dasar dan keterhubungan antar wilayah.

Kemudian, pengembangan sektor maritim dan pariwisata, pengembangan perikehidupan masyarakat yang agamis, demokratis, berkeadilan, tertib, rukun dan aman di bawah payung budaya Melayu serta peningkatan ekonomi produktif. Pengentasan kemiskinan serta tatakelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Editor: Yudha