Jam Kosong Masih Lebar, Bandara RHF Buka Kesempatan Maskapai Tambah Rute Penerbangan
Oleh : Ismail
Senin | 06-03-2017 | 20:02 WIB
bandar-RHF.gif

Bandara Raja Haji Fisabilillah (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Manajemen Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, yang hingga kini baru dilayani empat maskapai, membuka kesempatan seluas-luasnya bagi maskapai yang ingin menambah rute penerbangan.

Manager Operasi dan Teknik PT Angkasa Pura II (AP) Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Frans Yosef, menuturkan, rute penerbangan di Bandara RHF masih banyak mengalami kekosongan. Hanya ada empat maskapai yang melayani rute penerbangan dari RHF. Yakni Garuda, Ekspres, Lion, dan Sriwijaya.

"Kami persilahkan airline yang sudah ada saat ini untuk menambah rute penerbangan baru. Karena rute kita kan masih lebar," ujarnya.

Ia menjelaskan, dari keempat maskapai tersebut, hanya Maskapai Garuda yang positif akan menambah rute penerbangannya dari Bandara RHF. Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Perhubungan, belum lama ini, telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan mengusulkan penambahan rute penerbangan untuk maskapai berplat merah tersebut. Dan, mendapat tanggapan yang baik dari Kemenhub RI.

Kendati demikian, lanjut Frans, pihaknya juga sudah berkoodinasi dengan maskapai lainnya. Namun, hingga kini belum ada kepastian, apakah ketiganya akan menambah rute penerbangan mengikuti jejak Maskapai Garuda.

"Kami sudah berkoordinasi dengan maskapai lainnya. Awalnya, Lion sudah menyatakan minatnya (menambah rute penerbangan). Tapi, sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya," paparnya.

Lebih jauh diterangkan Yosef, pihaknya juga intens berkoordinasi dengan pemerintah daerah baik kota dan provinsi terkait penambahan rute penerbangan tersebut.

Ia menambahkan, sarana dan prasarana di Bandara RHF saat ini sudah layak dan baik. Runaway yang ada sudah panjang, serta terminal bandara juga disesuaikan dengan bandara lainnya.

"Sayang sekali dengan sarana dan prasarana yang sudah bagus ini tidak dimanfaatkan dengan baik," tukasnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) sudah memberikan lampu hijau pengajuan tambahan rute penerbangan pada Bandara Raja Fisabillah yang diajukan Dinas Perhuhungan (Dishub) Kepri. Penambahan rute penerbangan ini diajukan untuk maskapai penerbangan Garuda untuk rute Tanjungpinang, Natuna, Jakarta, Padang, dan Pekanbaru.

"Kami sudah koordinasikan bersama Kemenhub. Dan, Alhamdulillah akan disetujui," ujar Kepada Dishub Kepri, Jamhur Ismail, Kamis (2/3/2017) lalu.

Editor: Udin