Kepri Dapat Tambahan Kuota CJH Sebanyak 303 Orang
Oleh : Habibie Khasim
Sabtu | 04-03-2017 | 16:15 WIB
jemaah-haji.gif

Ilustrasi JCH Kepri (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo telah mengumumkan bahwa seluruh Indonesia mendapatkan penambahan kuota Calon Jemaah Haji (CJH) sebanyak 10 ribu orang dari Pemerintah Arab Saudi. 

Berita gembira tersebut langsung disampaikan Joko Widodo saat Raja Arab Saudi, Raja Salman berkunjung ke Indonesia. Terkait hal ini, Kepala Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Marwin Jamal mengatakan, untuk Kepulauan Riau mendapat jatah sekitar 303 orang.

Marwin mengatakan, jatah tersebut langsung dibagikan kepada 7 kabupaten/kota di Provinsi Kepri. Namun sayang, Marwin mengaku tidak ingat tentang persentase pembagian per kabupaten/kota dari jumlah tersebut.

"Saya minta maaf karena memang tidak ingat, yang jelas, Kepri dapat 303 orang. Sementara Indonesia dapat penambahan sekitar 10 ribu orang, nah ini yang dibagikan kepada 34 provinsi, dapatlah kita 303," terang Marwin saat dihubungi, Sabtu (4/3/2017).

Marwin mengatakan, untuk tahun 2017 pengiriman CJH untuk menunaikan rukun Islam yang kelima tersebut telah normal.

"Kalau 2013 sampai 2016 ada pemotongan 20 persen karena tragedi jatuhnya crane itu, tapi sudah selesai, dan mulai 2017 ini normal kembali," tuturnya.

Baca: Kuota Haji Ditambah, Tanjungpinang Dapat Jatah 62 CJH

Sementara itu untuk jumlah normal, Kepri biasanya mengirimkan CJH sebanyak 984 kalau 100 persen. Penambahan tersebut kata Marwin lagi, tidak menggangu dari jumlah normal, sehingga jumlah yang baru nantinya sebanyak 1286 CJH ditambah petugas sebanyak 8 orang, jadi jumlahnya 1295, terang Marwin.

"Kita sangat bersyukur sekali dengan penambahan kuota ini. Karena ini akan mempercepat para calon jemaah haji untuk dapat berangkat. Yang harusnya tahun depan, bisa berangkat tahun ini. Selain itu juga mengurangi waktu tunggu mereka," tutur Marwin.

Dari keterangan Marwin, waktu tunggu diprediksi hingga tahun 2032, jika pendaftaran dilakukan pada tahun ini.

"Bagi yang mampu berseberangan mendaftar, sekarang sudah gampang, tinggal ke Bank syariah, daftarkan haji, semoga dimudahkan," tutur Marwin.

Editor: Udin