Kejar Target 2,5 Juta Kunjungan Wisman

Semua Daerah Harus Berbenah dan Kerja Sama Memajukan Pariwisata Kepri
Oleh : Charles Sitompul
Sabtu | 04-03-2017 | 13:38 WIB
Gubernur-Kepri-Sambut-Wisman-China1.jpg

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat menyambut Wisman asal China beberapa waktu yang lalu. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur provinsi Kepri, Nurdin Basirun mengatakan, untuk mengejar target 2,5 juta kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2017 diharapkan semua daerah di Kepri saling berbenah dan bekerja sama.

 

"Bukan hanya di Bintan, tetapi semua daerah di Kepri juga harus berbenah, dapat memberikan keamanan dan kenyamanan pada wisatawan yang berkunjung. Sama-sama kita kembangkan destinasi wisata yang ada di Kepri," ujar Nurdin Basirun usai membuka Even Tour De Bintan 2017 di Lagoi, Sabtu (4/3/2017).

Selain menjaga kemanan dan konsusifitas di daerah, Tambah Nurdin, pelaksanan sejumlah event akan menjadi tolak ukur dalam menjadikan Kepri sebagai destinasi wisata ketiga di Indonesia setelah Bali dan Jakarta.

"Kerja sama antar daerah, lembaga serta pengusaha pariwisata menjadi syarat dalam memperbanyak kunjungan Wisaman ke Kepri. Peran serta semua pihak, khususnya Masyarakat dalam menjaga keramahan dan kemanan juga merupakan kunci utama pengembangan wisata di Kepri," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar, menyatakan, dengan kesiapan dan partisipasi semua pihak, Ia sangat optimis akan dapat mencapai target 2,5 juta kunjungan wisman sesuai dengan RPJMD serta yang ditargetkan Pemerintah Pusat.

"Untuk mencapai Target kunjungan Wisman 2017 ke Kepri, sejumlah strategi dan program kerja Parewisata Kepri telah kita buat, selain memperbanyak event kegiatan Wisata di Kabupaten/kota. Kita juga akan terus mendorong kabupaten/kota untuk membenahi sejumlah kawasan destinasi wisata di Kepri," ujarnya.

Demikian juga pelaksanaan promosi melalui pemerintah pusat dan daerah. Serta menangkap peluang kebijakan pusat yang akan membuka rute penerbangan baru atau direct flight dari dan ke Batam dan Tanjungpinang ke sejumlah negara di Asia maupun Eropa.

"Kebijakan pemerintah pusat dalam menambah rute penerbangan domestik dan luar negeri di Batam dan Tanjungpinang, menjadi peluang yang sangat bagus bagi pariwisata di Kepri. Mudah-mudahan pembukaan rute baru dari Australia dan bahkan Timur Tengah akan dapat terlaksana," ujar Buralimar.

Dalam mengantisipasi ini, Buralimar ‎juga mengatakan, diperlukan kesiapan semua pihak, baik dalam segi kemanan, dan kenyamanan, dan yang terpenting pembenahan destinasi wisata yang ada di kabupaten/kota di Kepri.

"Destinasi baru kawasan wisata di Kepri, juga harus tumbuh minimal 1 dalam satu tahun. Selain itu upaya promosi serta perbaikan akses transportasi ke sejumlah destinasi wisata di Kepri juga perlu terus digesa baik darat maupun udara," sebutnya.

Demikian juga event Tour De Bintan, Buralimar berharap, seain dengan target 500 ribu kunjungan ke Bintan, diharapkan akan berimbas pada daerah Tanjungpinang serta daerah lainnya di Kepri. Hal itu akan dapat tercapai, dengan Kerjasama antar daerah dalam pengelolaan Pariwisata.

Editor: Yudha