Lakukan Pemotongan Biaya Rutin OPD 15 Persen

Sekda Kepri Tekankan OPD Laksanakan Anggaran Sesuai Target
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 27-02-2017 | 17:42 WIB
TS-Arif-Fadillah.gif

Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, H. TS Arif Fadillah didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Raja Ariza, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Syamsul Bahrum dan Asisten Administrasi Umum Muhammad Hasbi.(Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kendati memberlakukan efisiensi dengan cara pemotongan biaya rutin atau belanja tidak langsung masing-masing Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Provinsi Kepri sebesar 15 persen dari masing-masing anggaran Daftar Pelaksanaan Anggaran (DPA), Sekretaris Daerah Provinsi Kepri tetap menekankan seluruh OPD di Provinsi Kepri melaksanakan kegiatan sesuai dengan target. 

Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, H TS Arif Fadillah, saat memimpin rapat kerja persiapan pelaksanaan anggaran tahun 2017 di Ruang Rapat Lt 3 Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Senin (27/2/2017).

Dalam arahannya, Sekda Arif meminta kepada seluruh Kepala Biro yang merupakan naungan Sekretariat, agar menguatkan koordinasi antar sesama, agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

"Dengan sudah diterimanya DPA beberapa hari yang lalu, maka segera dipersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan, seperti menyusun dan mengentry Rencana Umum Pengadaan (RUP), menyusun KAK dan menetapkan HPS, menyusun jadwal pengadaan dan target realisasinya, baik fisik maupun keuangan," ujar Arif.

Selanjutnya, kata Arif, agar semua kegiatan yang dimiliki dan yang akan dikerjakan harus ada pelaporan yang konkrit, agar selama berjalannya pelaksanaan dan setelah pelaksanaan tidak terjadi permasalahan dan ketika pemeriksaan dapat dibuktikan dengan benar.

Sekda menambahkan, apapun kegiatan yang ingin dikerjakan OPD harus memiliki target kerja yang jelas.

"Jangan terbuai dengan kegiatan rutin saja, tanpa adanya target yang tidak jelas, untuk itu jangan abaikan konsep RPJMD dan Renstra, kegiatan dan konsep RPJMD harus sejalan," lanjut Arif.

Kesembilan Biro tersebut antara lain, Biro Pemerintahan dan Perbatasan, Biro Hukum, Biro Organisasi Tata Laksana dan Korpri, Biro Kesejahteraan Rakyat, Biro Administrasi Pembangunan, Biro Administrasi Perekonomian, Biro Umum, Biro Administrasi Layanan Pengadaan dan Biro Humas, Protokol dan Penghubung yang mana masing-masing Kepala Biro memaparkan secara singkat dan jelas tentang rencana program dan kegiatan Biro dalam rangka mendukung visi-misi Gubernur Kepri.

Selain 9 Kepala Biro yang hadir mepresentasikan paparan pelaksanaan anggarannya, hadir pada kesempatan tersebut Asisten Pemerintahan dan Kesra, Raja Ariza, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Syamsul Bahrum dan Asisten Administrasi Umum Muhammad Hasbi.

Editor: Udin