Laporan Keuangan BUMD Lingga 4 Tahun Tak Jelas

Bupati Alias Wello Tuntut Tanggung Jawab Direksi BUMD Lingga ke PN Tanjungpinang
Oleh : Charles Sitompul
Kamis | 23-02-2017 | 14:50 WIB
alias-wello-dilantik.jpg

Bupati Lingga Alias Wello. (Foto: Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Bupati Lingga Alias Wello, melalui kuasa hukumnya, Syamsudin Daeng Rani SH, mengajukan gugatan permohonan ke Pengadiln Negeri (PN) Tanjungpinang. Yaitu, pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) serta pertanggungjawaban laporan keuangan dan operasional Direksi perusahaan BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) Lingga, PT Pembangunan Selingsing Mandiri (PSM).

Permohonan itu tertuang dalam surat nomor 25/Pdt.P/2017/PN Tpg tertanggal 20 Februari 2017 di bagian permohonan dan keperdataan PN Tanjungpinang. Dan termohonnya, Direktur PT PSM Hendriza S. Gunadi serta Komisaris Utama PT PSM, Muhammad Aini.

Humas PN Tanjungpinang, Santonius Tambunan SH, saat dikonfirmasi membenarkan permohonan tersebut. "‎Saat ini prosesnya sedang berlangsung, Ketua PN telah menetapkan hakim yang akan menangani, yakni hakim Acep Sopian Sauri SH. Dan 3 minggu dari pendaftaran akan dilaksanakan sidang pemeriksaan," ujarnya.

Santonius menambah‎, karena pihak pemohon (Bupati Lingga-red) menguasakan pada kuasa hukum yang berdomisili di Pekanbaru, maka pemanggilan terhadap para pihak dilakukan melalui delegasi dari PN Pekanbaru.

Dalam permohonanya, Bupati Lingga Alias Wello mengajukan permohonan pada majelis hakim, agar memberikan izin, hak atau wewenag kepada pemohon untuk memanggil sendiri dan atau menyelenggaraakan RUPS PT PSM yang merupakan perusahaan milik Pemkab Lingga.

"Meminta laporan keuangan tahun buku perseroaan PT PMS Lingga tahun 2013, 2014, 2015 dan 2016, kepada Direksi Perusahaan, serta meminta penggantian Direksi PT PMS Lingga," ungkap Samsudin Daeng Rani dalam permohonan Perdatanya.

Sebagaimana diketahui, Dirut PT PSM, Hendriza S Gunadi, sebelumnya dikabarkan ditangkap KPK di Jawa, atas dugaan suap. Sementara Komisari BUMD M. Aini, merupakan mantan Plt Sekda Kabupaten Lingga masa Bupati Daria.

Editor: Dardani