Pengguna Trasportasi Laut dan Nelayan Diimbau Waspada Cuaca Ekstrim
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 20-02-2017 | 10:14 WIB
gelombang-air-laut01.gif

Ilustrasi tingginya gelombang air laut (Sumber foto: beritatrans.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengimbau pengguna transportasi laut dan nelayan di wilayah Kepri untuk berhati-hati terhadap cuaca ekstrim. Selain gelombang tinggi disertasi angin kencang, perairan Kepri juga dilanda arus laut ‎deras.

"Kita juga mengingatkan pada transportasi laut dan nelayan kita, agar hati-hati dengan gelombang tinggi dan angin kencang disertai arus deras, yang saat ini terjadi. Jika memang cauaca tidak memungkinkan, agar dipertimbangkan tidak turun ke laut," kata Nurdin Basirun, belum lama ini.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, ‎juga mengeluarka peringatkan, agar transportasi laut dan nelayan di Kepri berhati-hati terhadap angin Kencang dan gelombang tinggi yang mencapai 3 meter di wilayah perairan Natuna, Anambas, Bintan dan Lingga.

"‎Glombang tingggi yang terjadi diwilayah Anambas dan Natuna dapat mencapai 3 meter lebih, perlu untuk diwaspadai," ujar prakirawan BMKG Tanjungpiang, R. Arditho.

Selain gelombang tinggi, BMKG juga memperingatkan, angin yang bertiup Kencang dengan kecepatan 05-40 kilo meter/jam di wilyah Kepri selama beberapa hari kedepan juga perlu diwaspadai.

Sementara, ‎kondisi Cuaca, di Kepri sepanjang Senin (13/2/2017) diprediksi akan mengalami Cerah-berawan, disertasi dengan hujan ringan bersifat lokal dari pagib hingga malam. Suhu akan berkisar 25-31 Drajat Celcius, dengan kelembapan udara 65-95 persen.

Editor: Gokli