DIPA-APBD 2017 Dibagikan ke OPD

Nurdin Minta OPD Percepat Pelaksanaan Kegiatan, Kurangi Perjalanan Dinas dan Seremonial
Oleh : Charles Sitompul
Jum'at | 17-02-2017 | 16:26 WIB
Bubernur-bagikan-DIPA.gif

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun saat pembagian DIPA-APBD 2017 Provinsi Kepri (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gubermur Provinsi Kepri, Nurdin Basirun membagikan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) APBD 2017 Kepri ke seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di Gedung Daerah Tanjungpinang, Jumat (17/2/2017). 

Atas telah dibagikannya DIPA-APBD 2017 itu, Nurdin meminta pada seluruh OPD dan jajarannya agar mempercepat pelaksanaan kegiatan yang diprogramkan, sesuai dengan aturan dan mekanisme serta mengurangi kegiatan perjalanan dinas dan acara-acara seromonial.

"Kepada setiap OPD dan ASN Kepri, agar melaksanakan kegiatan dari DIPA-APBD ini sebaik-baiknya. Kurangi kegiatan perjalanan dinas serta acara seremonial yang kurang bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Nurdin juga menyampaikan sejumlah catatan Menteri Dalam Negeri atas evaluasi APBD 2017 Kepri, ‎agar memanfaatkan APBD untuk kepentingan pembangunan, serta berdampak luas pada ekonomi masyarakat.

"Catatan penting dari evaluasi APBD 2017 Kepri yang diamanahkan Pemerintah Pusat, ‎agar dinas dan badan mengurangi perjalaan dinas. Khususnya pelaksanaan kegiatan di Batam. Karena di Ibu Kota Kepri Tanjungpinang juga dapat dilakukan dalam pemerataan pembangunan. Gunakan APBD pada kegiatan yang tepat sasaran dan dapat bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Nurdin juga mengakui, alokasi dana pada masing-masing OPD dari APBD 2017 Kepri, memang masih banyak yang minim, dan dengan alokasi dana yang minim tersebut, seluruh OPD diharapkan dapat menggunakan anggaran dengan sebaik-baiknya.

"DIPA yang dibagikan saat ini, diharapkan akan secepatnya direalisasikan, karena masyarakat juga menunggu dan APBD memiliki multiplier effect dalam meningkatkan ekonomi dan pendapatan masyatakat," ujarnya.

Kepada seluruh OPD, ASN dan tamu yang hadir, Nurdin juga mengatakan, APBD 2017 Provinsi Kepri yang DIPA-nya dibagikan kepada seluruh OPD saat itu, akan dititik-beratkan pada 7 sektor pelaksanaan pembangunan RPJMD Kepri.

Sektor pembangunan infrastruktur dan maritim menurutnya, merupakan hal yang paling utama, karena akan meningkatkan investasi, serta in-come PAD daerah.

"Melalui optimalisasi pemanfaatan sumber daya laut dalam program maritim, sejumlah potensi sektor laut, akan terus kita gali, khususnya pada perdagangan serta pariwisata," ujarnya.

Dan atas dasar itu, Nurdin juga menekankan, agar semua aparatur optimis dan benar-benar melakukan pencapaiaan program yang direncanakan, dalam meningkatkan ekonomi di Kepri.

Di tempat terpisah, Sekda Kepri, TS.Arif Fadillah mengatakan, setelah pelaksanaan pembagian DIPA dilakukan, Gubernur juga telah menandatangani SK PPK, PPTK dan PPHP, dalam setiap kegiatan dinas dan OPD.

"Kami harapkan seluruh kegiatan OPD pada DIPA-APBD 2017 ini, sudah dapat langsung dilaksanakan lelang atau tender, karena SK penetapan PA, PPK dan PPTK dan lainnya, telah ditandatangani Gubernur," sebutnya. ‎

Editor: Udin