Stok Blanko KTP Kosong, Ini Penjelasan Kadisduk Kepri
Oleh : Ismail
Rabu | 15-02-2017 | 15:02 WIB
kadisdukkepri.jpg

Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMDKCS) Pemerintah Provinsi Kepri, Sardison. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Kosongnya stok blanko Kartu Tanda Penduduk (KTP) di beberapa kabupaten/kota di Kepri membuat sejumlah warga pemohon pembuatan KTP resah. Seperti yang dirasakan pemohon di Kota Batam, Kabupaten Lingga, dan Bintan.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMDKCS) Pemerintah Provinsi Kepri, Sardison, mengatakan, ada beberapa permasalahan di pusat yang mengakibatkan kosongnya ketersediaan blanko KTP di beberapa daerah.

Menurutnya, masalah tersebut tidak hanya dirasakan di beberapa daerah di Kepri saja. Tapi, juga dialami sejumlah kabupaten/kota se-Indonesia. "Masalah ini bukan di Kepri saja. Tapi, daerah lain juga mengalami hal yang sama," ujar Sardison kepada BATAMTODAY.COM, Rabu (15/2/2017).

Beberapa masalah yang menyebabkan kosongnya blanko KTP ini, lanjut Sardison, meningkatnya angka pengurusan KTP di setiap daerah. Sementara, permintaan blanko KTP di setiap daerah masih mengacu pada data tahun lalu (2016,red).

Ditambahkan lagi, adanya masalah keterlambatan proses pembuatan, sehingga berpangaruh pada molornya proses distribusi ke setiap Kabupaten/Kota. "Masalahnya bukan pada daerah. Tapi memang dari Pusat," kata Sardison.

Ia menambahkan, saat ini dirinya belum bisa memastikan kapan ketersediaan blanko KTP tersebut di daerah. Namun, pihaknya tetap mengupayakan untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Pusat prihal kekosongan blanko KTP yang dialami beberapa daerah di Provinsi Kepri.

"Kami berharap secepatnya blanko KTP ini akan tersedia di wilayah Kepri," harapnya.

Editor: Dardani