Finishing Jembatan I Dompak, Pemprov Kepri Kembali Anggaran Rp11,5 M pada APBD 2017
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 15-02-2017 | 10:20 WIB
Jembatan-I-Dompak.gif

Jembatan I Dompak (Foto: dok.batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Provinsi Kepri kembali mengalokasikan Rp11,5 miliar dana untuk peroyek pengerjaan finishing jembatan I Dompak di APBD 2017. Pembangunannya akan dilaksanakan tahun ini juga.

 

Alokasi Rp11,5 Milliar dana tersebut, masih sebagian dari total dana finishing jembatan yang perkirakan bakal menghabiskan anggaran Rp26 miliar.

Kabid Bina Marga Dinas PU Kepri, Hendrizal mengatakan, pembangunan finishing jembatan 1 Dompak, akan dilakukan secara bertahap, mengingat keuangan Pemerintah Provinsi Kepri pada saat ini masih sangat terbatas.

"Untuk total biaya finishing Jembatan I Dompak kita perkirakan Rp26 miliar. Namun, tahun ini baru dapat dialokasikan Rp11,5 miliar," ujar Hendrizal pada Wartawan di Tanjungpinang, Selasa (14/2/2017).

Anggaran tersebut, kata dia, akan digunakan untuk melaksanakan pekerjaan pengaspalan, pagar joging track, marka jalan, sambungan jembatan (expansion joint), lampu penerangan jembatan serta pembangunan pos jaga dan gerbang.

Pelaksanaan kegiatan pembangunan finishing jembatan, tambah Hendrizal, mulai dikerjakan setelah DPA anggaran dibagikan. Sementara pelelangan pekerjaan akan mulai dilaksanakan.

"Mudah-mudahan Maret ini proses lelang sudah mulai dilaksanakan, dan pengerjaan proyeknya terlaksana dengan tepat waktu," harapnya.

Hendrizal juga mendambahkan, seluruhan kegiatan lanjutan pembangunan jembatan I Dompak di tahun ini merupakan rekomendasi dari Tim Komisi Keamanan Jembatan Terowongan Jalan (KKJTJ) Kementerian Pekerjaan Umum.

"Jadi prioritas kita dalam pengerjaan ini sesuai rekomendasi KKJTJ. Mereka minta pengejaan pengaspalan segera dilakukan, demikian juga pemasangan pagar, pemasangan lampu, marka jalan hingga expansin joint," jelasnya.

Setelah pekerjaan finishing selesai, tambahnya, Tim KKJTJ akan kembali turun melihat dan melakukan uji beban jembatan untuk penilaian kelayakan serta pemberian sertifikasi keamanannya.

Sedangkan untuk tahap finishing berikutnya, akan kembali dianggarkan pada APBD tahun berikutnya, untuk pekerjaan Ornamen dan pengecatan, serta penataan lainya, dengan harapan dalam dua tahun ini, pengerjaan jembatan selesai.

Editor: Gokli