Doorr..!! Resedivis Pencurian Ini Tewas Usai Dihadiahi Timah Panas
Oleh : Charles Sitompul
Selasa | 14-02-2017 | 16:50 WIB
Jasad-David-Palembang.jpg

Jenazah Prayoga alias David Palembang (30), pelaku pencurian yang tewas ditembak polisi, saat dibawa ke RUSD Tanjungpinang (Foto: Charles Sitompul)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Prayoga alias David Palembang (30), residivis pelaku pencurian kendaraan bermotor di sejumlah TKP di Tanjungpinang, terpaksa harus ditembak petugas kepolisian karena melakukan perlawanan saat akan diamankan di Jalan Wacopek, Sungai Ungar, Bintan, Kabupaten Bintan, Selasa (14/2/2017). 

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Joko Bintoro, mengatakan, tindakan tegas kepolisian terhadap residivis yang juga pelaku pencurian kendaraan motor di Jalan Tambak itu, dilakukan karena pelaku berusaha melukai petugas saat diamankan bersama barang bukti motor curiannya.

"Tersangka terpaksa dilumpuhkan karena melawan saat diamankan bersama barang bukti motor curiannya," ujar Joko Bintoro.

Tersangka Prayoga alias David Palembang diamankan atas laporan korban, Yanti, di Polsek Tanjungpiang Barat, yang melaporkan kehilangan motor Beat Bp 4351 QW warna putih, saat diparkir di depan rumahnya, Jalan Tambak Tanjungpinang Barat.

Polres Tanjungpinang yang mendapat laporan langsung menyebar anggota untuk melakukan pencarian. Motor korban pun ditemukan di daerah Dompak. Atas temuan itu, anggota dari Polsek Bestari dan Buser Satreskrim melakukan pengejaran hingga ke daerah Wacopek.

"Pelaku diamankan di daerah Wacopek, Sungai Ungar, Bintan. Tapi saat diamankan dengan menghentikan tersangka dan motor yang dicuri, pelaku berusaha menyerang anggota dengan mengacungkan sebilah parang," ujar Kapolres.

Atas perlakukan tersangka, anggota Polisi yang mengamankan, terpaksa melumpuhkan korban dengan timah panas. Tetapi korban juga masih berusaha melawan kendati sudah dilumpuhkan.

Usai dilumpuhkan, tambah Kapolres, tersangka sempat dibawa ke RSUD Tanjungpinang. Namun menjelang siang, korban meninggal karena mengalami pendarahan.

"Kami coba menghubungi pihak keluarga untuk proses mengebumikan. Dan saat ini jasad pelaku masih dititip di ruang jenazah RSUD Tanjungpinang. Namun apabila keluarga pelaku tidak ada, pengembumian akan kami lakukan," ujarnya.

Sebelum ditembak, ternyata Prayoga alias David Palembang merupakan residivis penganiayaan orang di Bintan Plaza serta pelaku pencuriaan kendaraan bermotor di sejumlah TKP di Tanjungpinang.

"Pelaku baru satu bulan bebas dari Lapas KM 18 dan tadi malam kembali melakukan pencuriaan motor," tegas Kapolres lagi.

Editor: Udin