Akibat Cuaca Buruk, Keberangkatan Dua Kapal Tujuan Anambas Ditunda
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 14-02-2017 | 13:14 WIB
Fery-VOC1.jpg

Kapal Ferry VOC Batavia tujuan Tarempa menyandar di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Gelombang tinggi di Perairan Kepri yang mencapai 4 meter mengakibatkan keberangkatan Kapal Trans Nusantara dan Kapal VOC Batavia tujuan Pelabuhan Tarempa Kabupaten Kepulauan Anambas ditunda.

Kepala Pos Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang Sutoyo mengatakan penundaan keberangkatan kapal tujuan anambas dilakukan sejak Rabu (8/2/2017). Masyarakat Tanjungpinang yang ingin berkunjung ke Anambas harus menunda perjalanannya.

"Keberangkatan dua kapal ini, seharusnya berangkat 3 kali dalam satu minggu yakni hari Senin, Rabu dan Jumat. Namun karena faktor cuaca, kebarangkatan ditunda sementara," ujar Sutoyo saat di Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Selasa (14/2/2017).

Penundaan keberangkatan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut yang terjadi di Laut Cina Selatan karena pihaknya menginginkan para penumpang sampai ke tujuan dengan selamat.

‎"Ini guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena cuaca yang kurang bersahabat dalam minggu-minggu ini," katanya.

Sutoyo menjelaskan untuk keberangkatan kapal antar pulau tujuan pelabuhan Punggur Batam, Kabupaten Lingga dan Karimun ‎tidak ada penundaan. Namun pihaknya melakukan pengarahan kepada nakhoda agar melakukan tindakan antisipasi jika gelombang tinggi agar tidak menerobos.

"Kita beri arahan kepada nahkoda maupun ABK Kapal, apabila tidak memungkinkan untuk melewati gelombang tinggi, agar mencari tempat-tempat terdekat. Apabila tidak ada tempat aman, kembali ke tempat semula," pungkasnya. ‎

Editor: Yudha