Berskala Internasional

Pembangunan Terminal Baru Pelabuhan SBP Tanjungpinang Rampung 2019
Oleh : Habibie Khasim
Senin | 13-02-2017 | 18:14 WIB
GM-Pelindo-I-Tanjungpinang.jpg

General Manager PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, I Wayan Wirawan, menunjukkan masterplan Pelabuhan skala Internasional (Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - General Manager PT Pelindo I Cabang Tanjungpinang, I Wayan Wirawan, menargetkan terminal baru Pelabuhan Sri Bintan Pura yang berskala internasional (Tipe A) akan rampung tahun 2019, bertepatan dengan habisnya masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi.

Wayan mengatakan, pengerjaan terminal baru tersebut pada tahun 2017 ini masih pada tahap 1 yang akan dilanjutkan kembali tahap 2 nya pada tahun 2018 mendatang.

"Tahun 2019 itu sudah siap semuanya, namun belum dapat dipastikan apakah sudah dioperasionalkan atau belum. Yang jelas semoga saja bisa terlaksana, tahun 2020 masyarakat Tanjungpinang sudah mendapatkan pelabuhan berstandar Internasional yang representatif dan membanggakan," kata Wayan saat diwawancarai, Senin (13/2/2017).

Untuk terminal baru, kata dia, fasilitas yang diberikan tentunya berstandar internasional. Mulai dari eskalator dan lift, uang tunggu yang sangat spesial, serta fasilitas lain yang berskala internasional.

"Nah pembangunan yang tentunya sangat kita nantikan adalah, sebuah hall yang akan kita bangun untuk menyaingi Gedung Gonggong, yaitu gedung dengan bentuk kerang. Ini juga sebagai salah satu ikon lagi di Tanjungpinang," terang wayan.

Kemudian, tidak lupa pula, Pelindo juga akan menyiapkan lahan parkir yang representatif dengan luas hingga 1 hektar. ditambah lagi semua transaksi nantinya akan menggunakan e-money atau transaksi non tunai yang tentunya sangat modern dewasa ini.

Wayan mengatakan, secara corporate, Pelindo menyiapkan 4 terminal besar yang saat ini tengah dibangun. Di antaranya adalah terminal pelabuhan Balawan, Tanjungpinang, Tanjungbalai Asahan dan Karimun.

"Tapi yang bersekala Internasional hanya Tanjungpinang, Tanjungbalai Asahan, serta Balawan," terangnya.

Wayan berharap, seluruh mimpi Pelindo untuk mempercantik "wajah" Tanjungpinang dapat terwujud tanpa masalah apa pun di kemudian hari.

Editor: Udin