Vihara di Tanjungpinang Tempat Favorit Pengemis Saat Imlek
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 28-01-2017 | 11:14 WIB
pengemis01.gif

Vihara Bahtera Sasana Tanjungpinnag dikerumuni ratusan pengemis saat Imlek. (Foto: Roland Aritonang/BATAMTODAY.COM)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Vihara yang digunakan sebagai tempat beribadah masyarakat Tionghoa mendadak ramai. Keramaian itu bukan hanya warga Tionghoa yang ingin sembahyang, tetapi juga diramaikan para pengemis yang berjejer di pintu masuk Vihara.

 

Pantauan BATAMTODAY.COM, puluhan pengemis menunggu di depan pintu masuk Vi‎hara Bahtara Sasana, jalan Merdeka Kota Tanjungpinang. Terlihat pengemis yang terdiri dari anak-anak maupun orang tua siaga berharap sedekah dari pengunjung Vihara.

Puluhan Polisi yang melakukan pengamanan Imlek berusaha menertibkan para pengemis yang ingin mengambil ampao dari pengunjung.

Memang, Vihara itu menjadi tempat favorit bagi para pengemis yang ingin mendapat ampao pada saat imlek tiba. Tidak heran jika puluhan pengemis berkumpul di vihara ini. Dengan suara agak memelas dan muka yang agak sedih tampak seorang anak-anak maupun orang tua yang meminta-minta kepada pengunjung.

Ironisnya, banyak juga para orang tua yang sengaja mengajak anaknya ke Vihara itu untuk pengemis. Mereka, menggendong anaknya pada saat berebut ampao dari para pengunjung.

Penjaga Vihara Bahtara Sasana, Tan Aji (59) mengatakan ketika imlek tiba banyak pengemis yang datang untuk mendapatkan ampo dari pengunjung. Sebenarnya ampou ini diperuntukkan kepada orang tua yang tidak mampu, bukan anak-anak yang berebut seperti ini.

"Ampou ini sebenarnya untuk orang tua yang tidak mampu seperti orang tua yang berjejer di tempat ini, tapi pengemis mendadak ramai ‎tidak seperti hari-hari biasa. Untunglah ada Polisi yang mengamankan agar tidak terjadi kerusuhan, karena pengemis ini saling berebut," katanya.

Editor: Gokli