Pemerintah Kembali Membuka Relaksasi Ekspor Tambang

Pengusaha Tambang Bauksit dan Pasir di Kepri Akan Dikumpulkan di Dompak?
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 18-01-2017 | 09:35 WIB
bauksit01.gif

Aktivitas tambang bauksit.(Foto: Charles Sitompul, Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Gubernur Kepri, Nurdin Basirun akan mengumpulkan sejumlah pengusaha tambang Bauksit dan Pasir se-Provinsi Kepri. Tujuannya, menindaklanjuti rencana pemerintah pusat merelaksasi ekspor tambang mentah.

 

Informasi yang diterima BATAMTODAY.COM dari salah seorang pengusaha tambang di Tanjungpinang, pertemuan dengan Gubernur Kepri direncankan berlangsung pada Kamis (19/1/2017) di Kantor Gubernur Kepri, Dompak. Selain itu, para wartawan di Tanjungpinang juga mendapatkan selebaran undangan atas nama Asosiasi Penambang Bauksit.

"Pertemuan itu rencananya berlangsung di Dompak," ujar salah seorang pengusaha tambang di Tanjungpinang, kepada BATAMTODAY.COM, Selasa (16/1/2017).

Sebelum itu, beberapa pengusaha tambang yang bergabung dalam Asosiasi Penambang Pasir Kepri, mengaku telah melakukan pertemuan-pertemuan. Mereka, membahas isu pembukaan kran ekspor tambang pasir darat dan laut ke Singapura, yang selama ini ditunggu pengusaha tambang di Kepri.

"Informasinya selain eksport bahan mentah boksit, tambang dan eksport pasir laut juga akan dibuka pemerintah pusat," kata pengusaha tambang lainnya, yang namanya tak mau dipublikasikan.

Terkait rencana pertemuan ini, Gubernur Kepri belum memberikan tanggapan. Gubernur bahkan mengaku belum mengetahui.

"Saya tanya staf dan Kepala Dinas SDA dulu," ujar Nurdin.

Editor: Gokli