Kala Ransum dari Ibu Jadi Senjata Ampuh Lumpuhkan Penjaga Tahanan
Oleh : Roland Aritonang
Selasa | 17-01-2017 | 13:14 WIB
Tahan-kabur-ketangkap1.jpg

Samsuardi berhasil ditangkap petugas. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Aksi Samsuardi kabur dari bus tahanan Kejaksaan Negeri Tanjungping tergolong nekat. Bagaimana tidak, hanya bermodalkan sambal dari ransum atau bekal makan yang dibawakan sang ibu, ia berhasil kabur, Senin (16/1/2016) sekitar pukul 18.15 Wib.

Padahal bus yang memang rutin membawa tahanan untuk menjalani persidangan di Pengadilan dikawal ketat petugas dari kejaksaan maupun kepolisian.

Cukup mencengangkan, petugas yang telah terlatih dan memiliki protap dalam mengawal tahanan bisa "kalah" dengan pria terdakwa narkoba hanya dengan senjata sambal dari ransum dari ibunya.

Bermodalkan sambal, Samsuardi berhasil membuat kejaksaan dan kepolisian di Tanjungpinang kalang kabut bak kebakaran jenggot. Petugas gabungan harus kerja ekstra mencari, memburu dan mengejarnya.

Meskipun pelariannya harus kandas saat bersembunyi di rumah saudaranya, namun kejadian tersebut merupakan pukulan telak yang sebaiknya dijadikan evaluasi bagi aparat. Jangan sampai lengang dalam menjalankan tugas.

"Cabe itu diberikan oleh ibu saya ketika ibu saya mengunjungi saya di pengadilan," katanya enteng di Mapolres Tanjungpinang.

Pengakuannya, ide itu muncul seketika karena dia takut atas hukuman yang telah menantinya. Hukuman penjara selama sembilan tahun. Ia langsung mencampurkan sop dengan cabe sebagai alat yang akan digunakan untuk kabur melumpuhkan petugas.

Sambal cabe dicampurkan dengan ikan bilis dan sop itu yang ditaruh di gelas minuman air mineral, dijadikan alat untuk menyiram petugas penjaga di dalam bus tahanan Kejaksaan Negeri Tanjungpinang. Samsuardi pun langsung melompat dari bus dan berhasil kabur, sebelum kemudian berhasil dibekuk pada Selasa (17/1/2017) sekira pukul 04.30 Wib.

Editor: Yudha