Tim Saber Tanjungpinang Janji "Sikat Habis" Praktek Pungli
Oleh : Roland Aritonang
Sabtu | 14-01-2017 | 11:50 WIB
Ketua-Tim-Saber-Pungli1.jpg

Kompol Andi Rahmansyah sebagai ketua tim Saber Pungli kota Tanjungpinang. (Foto: Roland)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Wakil Kepala Kepolisian Resort ‎Tanjungpinang Kompol Andi Rahmansyah sebagai ketua tim Saber Pungli kota Tanjungpinang akan melakukan sosialisasi sebelum memberi warning atau peringatan kepada seluruh instansi yang berkaitan dengan pelayanan publik.

 "Sebelum melakukan peringatan, kita akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu keseluruh pelayanan ‎instansi dan SKPD yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat," ujar Andi, Sabtu (14/1/2017)

Sosialisasi ini dilakukan bertujuan ‎untuk agar seluruh SKPD dan instansi yang ada di Tanjungpinang dalam melayani masyarakat agar menggunakan Standars Operating Prosedure (SOP) yang nantinya dapat diterapkan di masing-masing instansi maupun SKPD.

"Dengan membuat SOP maka ‎masyarakat mengetahui bagaimana prosedur dalam pengurusan mereka seperti SOP dapat ditampilkan secara terbuka seperti pada ruang pelayanan," katanya.

Lebih lanjut, Andi mencontohkan seperti Dinas Ketenagakerjaan Porovinsi Kepulauan Riau, yang telah menerapkan loket-loket pelayanan, sehingga dengan seperti itu maka mekanisme prosedurnya terlihat sudah jelas.

"Jadi masyarakat tidak melalui calo yang tidak jelas, kira-kira arahnyanya dan alurnya itu jelas. Berapa lama pengurusan itu selesai danp ersyaratan- persyaratan apa saja yang harus dipenuhi itu semua harus ada SOP," ucapnya

Dengan demikian para petugas pelayanan tidak mempersulit masyarakat. Denganmembuat SOP maka masyarakat mengetahui bagaimana alurnya, tidak mempersulit masyarakat sehingga pengurusan itu transparan.

"Tetapi ketika sudah diberi sosialisasi dan peringatanan, jika ditemukan masih melakukan pungutan liar akan kita sikat habis," ungkapnya.

Editor: Yudha