Bentuk Saber Pungli, Walikota Tegaskan Tak Ada Pelayanan yang Instan
Oleh : Habibie Khasim
Kamis | 29-12-2016 | 17:14 WIB
wako-deklarasikan-saber-pungli-TPI.gif

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah bersama Kepala Inspektorat, Rosita dan Calon Ketua Saber Pungli, Waka Polres Tanjungpinang, Andi, saat konprensi pers mengenai Tim Saber Pungli di Kantor Walikota Tanjungpinang di Senggarang.(Foto: Habibie Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Pemerintah Kota Tanjungpinang telah merumuskan unit sapu bersih pungutan liar (Saber Pungli) yang rencanaya akan dilantik pada 4 Januari 2017 mendatang. Dengan dibentuknya Unit Saber Pungli ini, Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, menegaskan bahwa tidak ada pengurusan yang instan.

"Semua pengurusan itu sebenarnya sudah ada waktu kerjanya, dan itu sudah sesuai dengan kemampuan di Tanjungpinang. Makanya saya tegaskan, tidak ada lagi yang instan, semuanya sesuai jadwal," tutur Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah, saat ditemui di kantornya, Senggarang, Kamis (29/13/2016).

Lis mengatakan, memang tujuan utama dari Saber Pungli adalah pencegahan terjadinya pungutan yang tidak sesuai dengan prosedurnya. Baik itu yang diminta oleh calo atau pihak pelayanan serta pemberian dari masyarakat.

"Nantinya di Saber Pungli ini ada beberapa unit kerja, jadi ada intelijen dan unit kerja lainnya. Mereka ini bisa operasi tangkap tangan, jika memang sudah menyangkut tindakan melanggar hukum bisa di pidana," tuturnya.

Akan tetapi, memang untuk tahap pertama, Lis mengatakan akan dilakukan sosialisasi terlebih dahulu guna pencegahan mendasar.

"Setelah disosialisasikan ternyata masih juga ada yang nakal, ya terpaksa ditindak," kata Lis.

Sementara itu, Ketua Saber Pungli, Wakil Kepala Polisi Resort Tanjungpinang, Andi, mengatakan saat ini dia belum dapat berbicara banyak. Pasalnya, dia bersama timnya baru dirumuskan, belum dilakukan pelantikan.

"Yang jelas proyeksi kita adalah pencegahan Pungli, untuk kerjanya dan prosesnya tunggu dilantik nanti saja," tutur Andi.

Editor: Udin